Emil Syari. 2020010101152, E (2024) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MEMBENTUK AKHLAK SISWA SMP NEGERI 5 KENDARI. Other thesis, IAIN Kendari.
Text
1. COVER.pdf Download (403kB) |
|
Text
2. BAB I.pdf Download (323kB) |
|
Text
3. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
4. BAB III.pdf Download (212kB) |
|
Text
5. BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
6. BAB V.pdf Download (305kB) |
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (401kB) |
|
Text
8. LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Emil Syari. 2020010101152. Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Untuk
Membentuk Akhlak Siswa SMP Negeri 5 Kendari. Dibimbing Oleh: Dr. H.
Pairin M.A Dan Dra. Rahmawati M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ; (1) Strategi guru pendidikan
Agama Islam untuk membentuk akhlak siswa SMP Negeri 5 Kendari, (2) Faktor
pendukung dan penghambat, dan (3) Solusi guru pendidikan Agama Islam
terhadap hambatan yang dihadapi untuk membentuk akhlak siswa SMP Negeri 5
Kendari. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskriptif. Jenis data dalam penelitian ini diklasifikasikan menjadi data primer dan
data sekunder. Metode wawancara, observasi dan dokumentasi digunakan peneliti
sebagai cara untuk mengumpulkan data yang selanjutnya dianalisis dengan
menggunakan model reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Triangulasi data digunakan peneliti sebagai tekhnik pengecekan keabsahan data.
Adapun informan dalam penelitian ini adalah Wakasek Kurikulum dan
Kesiswaan, Tiga guru Pendidikan Agama Islam, guru Bimbingan Konseling dan
juga enam orang siswa siswi dari perwakilan masing-masing jenjang kelas. Hasil
penelitian ini adalah; (1) strategi yang digunakan oleh guru pendidikan Agama
Islam untuk membentuk akhlak siswa diantaranya; (a) guru menjadikan dirinya
sebagai teladan untuk siswa, (b) guru selalu membiasakan siswa berdoa sebelum
belajar, (c) membaca al-Qur’an, (d) membiasakan siswa berakhlak baik, (e) guru
menetapkan peraturan dan menggunakan metode hukuman kepada siswa, serta (f)
guru selalu memberikan nasehat kepada siswa (g) guru juga membuat program
keagamaan seperti membiasakan shalat dzuhur berjamaah dan membaca dzikir
dan yasinan bersama. (2) adapun faktor pendukungnya antara lain; (a)
bertambahnya jumlah jam mengajar, (b) tersedianya fasilitas sarana dan prasarana
di sekolah. Faktor penghambatnya meliputi ; (a) lingkungan keluarga dan
lingkungan luar sekolah, (b) kurangnya kesadaran dari diri siswa untuk mengikuti
kegiatan kegamaan yang diadakan oleh pihak sekolah. (3) Solusinya ialah ; (a)
adanya kerjasama guru, kepala sekolah dan orang tua dan (b) pemberian teguran
dan nasehat secara terus menerus serta (c) mengadakan rapat komite. Penerapan
strategi guru pendidikan Agama Islam untuk membentuk akhlak siswa
memberikan efek positif terhadap akhlak dan perilaku siswa dalam kehidupan
sehari-hari.
Kata Kunci: Strategi Guru PAI, Faktor Pendukung dan Penghambat, Solusi
ABSTRACT
Emil Syari. 2020010101152. Strategy for Islamic Religious Education
Teachers to Shape the Morals of Students at SMP Negeri 5 Kendari.
Supervised by: Dr. H. Pairin M.A and Dra. Rahmawati M.Pd
This study aims to determine ; (1) Islamic religious education teacher's
strategy to shape the morals of students at SMP Negeri 5 Kendari, (2) Supporting
and inhibiting factors, and (3) Solutions for Islamic religious education teachers to
the obstacles faced in forming the morals of students at SMP Negeri 5 Kendari.
This research uses qualitative research with a descriptive approach. The types of
data in this research are classified into primary data and secondary data. The
researchers used interview, observation and documentation methods as a way to
collect data which was then analyzed using a data reduction model, presenting
data and drawing conclusions. Data triangulation is used by researchers as a
technique for checking the validity of the data. The informants in this research
were the Deputy Head of Curriculum and Student Affairs, three Islamic Religious
Education teachers, a Counseling Guidance teacher and also six female students
from representatives of each grade level. The results of this research are; (1)
strategies used by Islamic religious education teachers to shape students' morals
include; (a) the teacher makes himself a role model for students, (b) the teacher
always gets students to pray before studying, (c) reads the Koran, (d) gets students
used to having good morals, (e) the teacher sets rules and uses punishment
methods to students, and (f) teachers always give advice to students (g) teachers
also create religious programs such as getting used to midday prayers in
congregation and reading dhikr and yasinan together. (2) the supporting factors
include; (a) increasing the number of teaching hours, (b) availability of facilities
and infrastructure in schools. Inhibiting factors include; (a) the family
environment and the environment outside the school, (b) lack of awareness among
students to take part in religious activities held by the school. (3) The solution is;
(a) cooperation between teachers, school principals and parents and (b) providing
continuous warnings and advice and (c) holding committee meetings. The
application of Islamic religious education teachers' strategies to shape students'
morals has a positive effect on students' morals and behavior in everyday life.
Keywords: PAI Teacher Strategy, Supporting and Inhibiting Factors, Solutions
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | Kata Kunci: Strategi Guru PAI, Faktor Pendukung dan Penghambat, Solusi |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Strategi Guru PAI, Faktor Pendukung dan Penghambat, Solusi |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya 300 Ilmu Sosial > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with username asni |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 02:28 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 02:28 |
URI: | http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2868 |
Actions (login required)
View Item |