ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI ALJABAR DITINJAU DARI KECEMASAN MATEMATIKA SISWA DI SMP NEGERI 23 KENDARI

Mutiara Al Hikmah. SID. 2020010110005., M (2024) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI ALJABAR DITINJAU DARI KECEMASAN MATEMATIKA SISWA DI SMP NEGERI 23 KENDARI. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (157kB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (342kB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (357kB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf

Download (608kB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (31kB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (257kB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Mutiara Al Hikmah. NIM. 2020010110005. Analisis Kesulitan Belajar
Matematika Pada Materi Aljabar Ditinjau Dari Kecemasan Matematika Siswa Di
SMP Negeri 23 Kendari. Dibimbing oleh: Hasrin Lamote S.Pd., M.Sc dan
Dedyerianto S.Si., M.Si
Kesulitan dalam pembelajaran matematika salah satunya adalah kecemasan siswa
terhadap matematika. Kecemasan yang dialami siswa dalam pembelajaran
matematika sering disebut sebagai kecemasan matematika. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar matematika ditinjau dari
kecemasan matematika siswa SMP Negeri 23 Kendari. Penelitian ini dilakukan
dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian
ini adalah angket kecemasan matematika, soal tes kesulitan belajar matematika
wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan mereduksi
data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa dari 18 siswa yang diteliti dengan angket kecemasan matematika terdapat
28% siswa dengan kategori kecemasan rendah, 50% siswa dengan kategori
kecemasan sedang, 22% siswa dengan kategori kecemasan tinggi. Kecemasan
matematika disebabkan oleh faktor kepribadian, intelektual dan lingkungan.
Kesulitan belajar matematika berdasarkan kecemasan tinggi yaitu mengalami
kesulitan dalam mentransfer pengetahuan, kesulitan dalam berhitung, kesulitan
persepsi visual, kurang memahami bahasa matematika. Siswa dengan kecemasan
sedang yaitu mengalami kesulitan dalam berhitung, kurang memahami bahasa
matematika. siswa dengan kecemasan rendah yaitu mengalami kesulitan dalam
berhitung. Kesulitan belajar matematika siswa disebabkan oleh faktor minat,
sikap belajar yang rendah dan motivasi yang rendah.
Kata Kunci: Kecemasan Matematika, Kesulitan Belajar Matematika, Faktor
Kecemasan Matematika, Faktor Kesulitan Belajar Matematika

ABSTRACT
Mutiara Al Hikmah. SID. 2020010110005. Analysis of Mathematics Learning
Difficulties in Algebra Material in View of Students' Mathematics Anxiety at
SMP Negeri 23 Kendari. Supervsed by: Hasrin Lamote S.Pd., M.Sc dan
Dedyerianto S.Si., M.Si
One of the difficulties in learning mathematics is students' anxiety about
mathematics. The anxiety experienced by students in learning mathematics is
often referred to as mathematics anxiety. This research aims to analyze
mathematics learning difficulties in terms of mathematics anxiety of students at
SMP Negeri 23 Kendari. This research was conducted using a qualitative
descriptive approach. Data collection techniques in this research were a
mathematics anxiety questionnaire, mathematics learning difficulties test
questions, interviews, and documentation. Data analysis techniques are carried out
by reducing data, presenting data and drawing conclusions. The results showed
that of the 18 students studied using the mathematics anxiety questionnaire, there
were 28% students in the low anxiety category, 50% students in the moderate
anxiety category, 22% students in the high anxiety category. Mathematics anxiety
is caused by personality, intellectual and environmental factors. Difficulty
learning mathematics based on high anxiety, namely experiencing difficulty in
transferring knowledge, difficulty in calculating, difficulty in visual perception,
lack of understanding of mathematical language. Students with moderate anxiety
have difficulty in calculating, lack understanding of mathematical language.
students with low anxiety have difficulty in calculating. Students' difficulties in
learning mathematics are caused by interest factors, low learning attitudes and low
motivation.
Keywords: Kecemasan Matematika, Kesulitan Belajar Matematika, Faktor
Kecemasan Matematika, Faktor Kesulitan Belajar Matematika

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata Kunci: Kecemasan Matematika, Kesulitan Belajar Matematika, Faktor Kecemasan Matematika, Faktor Kesulitan Belajar Matematika
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kecemasan Matematika, Kesulitan Belajar Matematika, Faktor Kecemasan Matematika, Faktor Kesulitan Belajar Matematika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 22 Aug 2024 02:18
Last Modified: 22 Aug 2024 02:18
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2897

Actions (login required)

View Item View Item