UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING (BERMAIN PERAN) KELAS V MIN SIOMPU KABUPATEN BUTON SELATAN

Nining Susilawati, NIM. 15010104074,, N (2022) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING (BERMAIN PERAN) KELAS V MIN SIOMPU KABUPATEN BUTON SELATAN. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
SKRIPSI NINING_cover_pdf (p_1-15)_1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI NINING_BAB I_2.pdf

Download (855kB)
[img] Text
SKRIPSI NINING_BAB II_3.pdf

Download (805kB)
[img] Text
SKRIPSI NINING_BAB III_4.pdf

Download (987kB)
[img] Text
SKRIPSI NINING_BAB IV_5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI NINING_BAB V_6.pdf

Download (749kB)
[img] Text
SKRIPSI NINING_LAMPIRAN_7.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Nining Susilawati, NIM. 15010104074, Judul: Upaya Meningkatkan Hasil
Belajar Bahasa Indonesia Menggunakan Metode Role Playing Kelas V Min
Siompu Kabupaten Buton Selatan, (Dibimbing oleh: Raehang S.Ag, M.Pd)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar
siswa melalui metode pembelajaran Role Playing pada mata pelajaran Bahasa
Indonesia kelas V, dan untuk mengetahui metode Role Playing dapat
meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MIN Siompu, penelitian ini merupakan
Penelitian Tindaka Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus, setiap siklus
dilakukan sebanyak dua kali pertemuan. Prosedur penelitian ini meliputi
perencanaan, pelaksanaan, observasi (pengamatan), evaluasi, refleksi. Data-data
dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi dan hasil belajar yang dianilisis
secara kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MIN
Siompu pada tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 13 orang siswa. Hasil
penelitian menunjukkan pembelajaran Role Playing terjadi peningkatan signifikan
pada hasil belajar siswa begitupun juga aktivitas guru dan siswa. Hal ini dapat
dilihat dari hasil yang dicapai disetiap siklus. Dimana pada hasil tes awal sebelum
pelaksanaan tindakan melalui pembelajaran Role Playing ketuntasan siswa hanya
mencapai 38,48% dengan nilai rata-rata 67,30. Kemudian kemudia dilakukannya
tindakan Siklus I menunjukan adanya peningkatan hasil belajar, ketuntasan belajar
mencapai 46,15% dengan nilai rata-rata 68,84. Namun belum mencapai indikator
keberhasilan yaitu 75. Sehingga dilanjutkan pada siklus II. Pada Siklus II hasil
belajar siswa meningkat dengan presentase ketuntasan 84,61% dengan nilai rata�rata 85,38%. Selanjutnya aktivitas guru dan siswa. Pada siklus I pertemuan
pertama hasil aktivitas guru mencapai 69,56% dan aktivitas siswa mencapai
46,66%. Kemudia pada pertemuan kedua siklus I aktivitas guru mencapai 75%
dan aktivitas siswa mencapai 66,66%. Sedangkan pada siklus II pertemuan
pertama aktivitas guru mencapai 87,5% dan aktivitas siswa mencapai 86,66%.
Kemudia pada pertemuan kedua siklus II aktivitas guru mencapai 95,83% dan
aktivitas siswa mencapai 93,33%.
Kata kunci: Pembelajaran metode Role Playing MIN Siompu

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata kunci: Pembelajaran metode Role Playing MIN Siompu
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pembelajaran metode Role Playing MIN Siompu
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 22 Aug 2024 06:17
Last Modified: 22 Aug 2024 06:17
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2908

Actions (login required)

View Item View Item