MEMBANTU KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN MENCIPTA DARI BENTUK GEOMETRI PADA KELOMPOK B DI TK KUNCUP BIRU KECAMATAN POLEANG TIMUR KABUPATEN BOMBANA

Masna. 16010105007., M (2022) MEMBANTU KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN MENCIPTA DARI BENTUK GEOMETRI PADA KELOMPOK B DI TK KUNCUP BIRU KECAMATAN POLEANG TIMUR KABUPATEN BOMBANA. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (791kB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (986kB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (887kB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf

Download (897kB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (660kB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (773kB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Masna. 16010105007. Membantu Kreativitas Anak Melalui Kegiatan
Bermain Mencipta Dari Bentuk Geometri Pada Kelompok B Di TK Kuncup
Biru Kecamatan Poleang Timur Kabupaten Bombana Dibimbing oleh: Dr
Hj St Kuraedah M.Ag.
This study aims to find out (1) a description of the development of
creativity in children in group B in TK Kuncup Biru, (2) the implementation of
geometric shapes playing activities in the development of creativity in children in
group B in TK Kuncup Biru. This study uses a classroom action approach (CAR)
with two cycles with four stages, namely planning, action, observation, and
reflection. Each cycle was carried out with three meetings. Data collection
techniques used are observation, documentation and assessment. The results
showed that playing geometric shapes can increase the creativity development of
grade B children at Kuncup Biru Kindergarten, Poleang Timur District, Bombana
Regency. The development of children's creativity has undergone very good
changes. In cycle 1, the dominant child's creativity development ability is in the
41% completeness criteria or is in the sufficient category. In cycle 2, it shows that
children's creativity development abilities are in the range of developing
assessments according to expectations with 80% completeness criteria.
Keywords: Creativity, Geometry Shapes, Kindergarten Kuncup Biru
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) gambaran perkembangan
kreativitas anak pada kelompok B di TK Kuncup Biru, (2) pelaksanaan dari
kegiatan bermain bentuk geometri dalam perkembangan kreativitas anak pada
kelompok B di TK Kuncup Biru. Penelitian ini menggunakan pendekatan
tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus dengan empat tahapan yakni
perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. setiap siklus dilakukan dengan
tiga kali pertemuan. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
dokumentasi dan penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bermain bentuk
geometri dapat meningkatkan perkembangan kreativitas anak kelas B di TK
Kuncup Biru Kecamatan Poleang Timur Kabupaten Bombana. Perkembangan
kreativitas anak mengalami perubahan yang sangat baik. Pada siklus 1
menunjukkan kemampuan perkembangan kreativitas anak dominan berada pada
kriteria ketuntasan 41% atau berada pada kategori cukup. Pada siklus 2
menunjukkan kemampuan perkembangan kreativitas anak berada pada rentang
penilaian berkembang sesuai harapan dengan kriteria ketuntasan sebanyak 80% .
Kata Kunci: Kreativitas,Bentuk Geometri , TK Kuncup Biru

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata Kunci: Kreativitas,Bentuk Geometri , TK Kuncup Biru
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kreativitas,Bentuk Geometri , TK Kuncup Biru
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar > 372.21 Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 23 Aug 2024 05:51
Last Modified: 23 Aug 2024 05:51
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2910

Actions (login required)

View Item View Item