PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MI ASY-SYAFI‟IYAH KOTA KENDARI

Sri Israhmawati. Nim. 14010104027., S (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MI ASY-SYAFI‟IYAH KOTA KENDARI. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Sri Israhmawati. Nim. 14010104027. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri
Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Kalas V MI Asy-Syafi’iyah Kota Kendari.
Dibimbing Oleh : Dr. H. Nur Alim, M.Pd
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa
pada mata pelajaran Akidah Akhlak melalui penerapan pembelajaran Inkuiri pada
siswa kelas V MI Asy-Syafi‟iyah Kota Kendari. Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas V MI Asy-Syafi‟iyah Kota Kendari yang berjumlah 21 orang.
Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali
pertemuan dengan tahapan-tahapan kegiatan meliputi: perencanaan, pelaksanaan
tindakan, observasi (pengamatan), dan refleksi. Penelitian dilaksanakan pada
semester genap tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data menggunakan
teknik observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan
analisis data deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa nilai rata�rata dan ketuntasan belajar siswa dengan indikator keberhasilan 80% siswa
mencapai nilai 75 (KKM pada mata pelajaran Akidah Akhlak). Penelitian
menunjukkan bahwa hasil belajar Akidah Akhlak mengalami peningkatan yang
cukup signifikan. Nilai hasil belajar sebelum tindakan siklus I, siswa yang
mencapai KKM sebesar 28,57%(12 orang), dengan nilai rata-rata 59,33. setelah
tindakan siklus I siswa yang mencapai KKM sebesar 52,38% (12 orang) dengan
nilai rata-rata 64,66, Sedangkan pada siklus II siswa yang mencapai KKM sebesar
85,71% (18 orang) dengan nilai rata-rata 74,38. Hasil penelitian ini
mengindikasikan bahwa pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar
Akidah Akhlak siswa kelas V MI Asy-Syafi‟iyah Kota Kendari.
Kata Kunci :Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri, Mata Pelajaran Akidah
Akhlak, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata Kunci :Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri, Mata Pelajaran Akidah Akhlak, Hasil Belajar Siswa
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci :Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri, Mata Pelajaran Akidah Akhlak, Hasil Belajar Siswa
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 23 Aug 2024 07:06
Last Modified: 23 Aug 2024 07:06
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2915

Actions (login required)

View Item View Item