PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs DARUL ULUM AHUHU KABUPATEN KONAWE

Husni. NIM. 18010110034, H (2022) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs DARUL ULUM AHUHU KABUPATEN KONAWE. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (864kB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (943kB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (666kB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (681kB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Husni. NIM. 18010110034. “Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat
Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs Darul
Ulum Ahuhu”. Dibimbing Oleh: Sri Anandari Safaria, S.Pd., M.Pd. dan
Imaludin Agus, M.Pd
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk (1)
untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap
hasil belajar matematika; (2) untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional
terhadap hasil belajar matematika; dan (3) untuk mengetahui pengaruh minat
belajar terhadap hasil belajar matematika. Populasi pada penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas VIII MTs Darul Ulum Ahuhu yang berjumlah 84 siswa.
Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah menggunakan sampling
jenuh, dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Teknik
pengumpulan data melalui angket dan nilai ulangan akhir semester. Data
dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan menggunakan desain penelitian
analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1)
terdapat pengaruh signifikan kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap
hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Darul Ulum Ahuhu dengan nilai
signifikan sebesar 0,000 < 0,05, nilai Fhitung 30,193 > Ftabel 3,109. Sementara nilai
R
2
atau koefisien determinasi sebesar 0,472 yang menunjukkan bahwa pengaruh
kecerdasan emosional dan minat belajar secara simultan terhadap hasil belajar
matematika sebesar 42,7% dan 57,3% dipengaruhi oleh faktor lain. (2) terdapat
pengaruh signifikan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika
siswa kelas VIII MTs Darul Ulum Ahuhu dengan nilai signifikansi sebesar 0,000
< 0,05 dengan Thitung sebesar 3,3731 > Ttabel sebesar 1,664. (3) terdapat pengaruh
signifikan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs
Darul Ulum Ahuhu dengan nilai signifikansi sebesar 0,004 < 0,05 dengan Thitung
sebesar 2,986 > Ttabel sebesar 1,664.
Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Minat Belajar, Hasil Belajar Matematika

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Minat Belajar, Hasil Belajar Matematika
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Minat Belajar, Hasil Belajar Matematika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 23 Aug 2024 07:24
Last Modified: 23 Aug 2024 07:24
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2917

Actions (login required)

View Item View Item