MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI PERMAINAN ME-JI-KU-HI-BI-NI-U KELOMPOK B PAUD FASTABIQUL KHAIRAT DESA KONTUMERE KABUPATEN MUNA

Serli Alyah Sanusi 18010105050., S (2024) MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI PERMAINAN ME-JI-KU-HI-BI-NI-U KELOMPOK B PAUD FASTABIQUL KHAIRAT DESA KONTUMERE KABUPATEN MUNA. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (5MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (5MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (4MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf

Download (4MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Serli Alyah Sanusi 18010105050. Meningkatkan Kemampuan Sosial
Emosional Anak Melalui Permainan Me-Ji-Ku-Hi-Bi-Ni-U Kelompok B
Paud Fastabiqul Khairat, Desa Kontumere, Kabupaten Muna yang
Dibimbing oleh: Prof. Dr. Hj. Hadi Machmud M. Pd dan Rasmi S. Ag, M. Si
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional anak
melalui Permainan Me-Ji-Ku-Hi-Bi-Ni-U di PAUD Fastabiqul Khairat Desa
Kontumere, Kabupaten Muna masih belum meningkat. Jenis penelitian yang
digunakan adalah model desain penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang
dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart yang memiliki empat tahapan,
perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah kelompok
B yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 4 orang anak perempuan. Objek
penelitian adalah kemampuan sosial emosiona melalui permainan Me-Ji-Ku-Hi
Bi-Ni-U. Data dikumpulakan melalui observasi, dokumentasi, dan penilaian yang
kemudian di analisis menggunakan presentase. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa pada siklus I dan siklus II tentang meningkatkan kemampuan sosial
emosional anak melalui permainan Me-Ji-Ku-Hi-Bi-Ni-U meningkat setiap
siklusnya. Dimana perolehan hasil pratindakan terlihat pada indikator, hanya 3
orang anak yang berada pada rentang penilaian berkembang sesuai harapan dan
presentasenya sebanyak 21,43% yang berarti tingkat perkembangan sosial
emosional dari anak masih berkurang, setelah itu pada siklus I pada rentang
penilaian berkembang sesuai harapan ada 6 orang anak pada rentang penilaian
berkembang sesuai harapan dengan presentase 60%. Pada siklus II ada 8 orang
anak pada rentang penilaian berkembang sesuai harapan dengan presentase 80%.
Kata Kunci: Sosial Emosional, Permainan Me-Ji-Ku-Hi-Bi-Ni-U

ABSTRAK
Serli Alyah Sanusi 18010105050. Meningkatkan Kemampuan Sosial
Emosional Anak Melalui Permainan Me-Ji-Ku-Hi-Bi-Ni-U Kelompok B
Paud Fastabiqul Khairat, Desa Kontumere, Kabupaten Muna yang
Dibimbing oleh: Prof. Dr. Hj. Hadi Machmud M. Pd dan Rasmi S. Ag, M. Si
This research aims to improve children's social emotional skills through the Me
Ji-Ku-Hi-Bi-Ni-U game in the Fastabiqul Khairat PAUD, Kontumere Village,
Muna Regency, which has not yet improved. The type of research used is a
collaborative classroom action research (PTK) design model developed by
Kemmis and Taggart which has four stages, planning, action, observation and
reflection. The research subjects were group B consisting of 10 boys and 4 girls.
The object of research is social emotional abilities through the game Me-Ji-Ku
Hi-Bi-Ni-U. Data is collected through observation, documentation and assessment
which is then analyzed using percentages. The results of the research showed that
in cycle I and cycle II, improving children's social emotional abilities through the
Me-Ji-Ku-Hi-Bi-Ni-U game increased each cycle. Where the results of the pre
action results can be seen in the indicators, only 3 children who were in the
assessment range developed according to expectations and the percentage was
21.43%, which means that the level of social emotional development of the
children was still reduced, after that in cycle I the assessment range developed
according to expectations. 6 children in the assessment range developed as
expected with a percentage of 60%. In cycle II there were 8 children in the
assessment range who developed according to expectations with a percentage of
80%.
Keywords: Social Emotional, Me-Ji-Ku-Hi-Bi-Ni-U Game

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata Kunci: Sosial Emosional, Permainan Me-Ji-Ku-Hi-Bi-Ni-U
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Sosial Emosional, Permainan Me-Ji-Ku-Hi-Bi-Ni-U
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar > 372.21 Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 26 Aug 2024 05:33
Last Modified: 26 Aug 2024 05:33
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2924

Actions (login required)

View Item View Item