PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MEMBANTU KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DI KELAS IV SDN 5 WAWOLESEA KABUPATEN KONAWE UTARA

ISMI DZULQAIDAH. NIM. 19010104108, I (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MEMBANTU KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DI KELAS IV SDN 5 WAWOLESEA KABUPATEN KONAWE UTARA. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
ISMI DZULQAIDAH. NIM. 19010104108. PENERAPAN MODEL
PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MEMBANTU
KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DI KELAS IV SDN 5
WAWOLESEA KABUPATEN KONAWE UTARA. Dibimbing oleh: Prof
Dr. Hj. St Kuraedah M.Ag dan Karim M.Hum
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa
melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Script Siswa Kelas IV SDN 5
Wawolesea. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (classroom
action research) yang terdiri dari empat tahap yaitu, Perencanaan, Pelaksanaan,
Observasi dan Refleksi. Objek penelitan ini adalah siswa kelas IV SDN 5
Wawolesea pada tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 10. Penelitian ini
dilaksanakan sebanyak II Siklus yang masing-masing siklus dilaksanakan dua kali
pertemuan. Berdasarkan hasil pembelajaran kurikulum merdeka dengan
menggunakan model pembelajaran Cooperative Script pada Kelas IV SDN 5
Wawolesea. Adapun hasil pembelajaran sebelum tindakan dengan presentase
47,5%. Dengan nilai rata-rata 47,5. Pada siklus I pertama hasil aktivitas guru
cukup baik begitupun dengan aktivitas siswa. Adapun keterampilan berbicara
siswa pada siklus I pertemuan pertama adalah 53% dengan nilai rata rata 53.
Pertemuan kedua terdapat peningkatan menjadi 58,5% dengan nilai rata-rata 58,5.
Namun kerena pada siklus I belum mencapai indikator keberhasilan yaitu 75%
sehingga perlu dilanjutkan pada siklus ke II. Pada siklus kedua pertemuan pertama
aktivitas guru dan aktivitas siswa sudah lebih baik dari siklus sebelumnya.
Sedangkan keterampilan berbicara siswa pada siklus II pertemuan pertama adalah
64,5% dengan nilai rata-rata 64,5 dan keterampilan berbicara siswa pada
pertemuan kedua adalah 76% dengan nilai rata-rata 76 dengan jumlah siswa tuntas
sebanyak 8 dari 10 orang. Sehingga pada siklus ini telah memenuhi indikator
keberhasilan, maka data dikatakan bahwa dngan menggunakan model
pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan keterampilan berbicara
siswa pada siswa kelas IV SDN 5 Wawolesea.
Kata Kunci : Keterampilan Berbicara, Penerapan, model pembelajaran
Cooperative Script

ABSTRACT
ISMI DZULQAIDAH. NIM. 19010104108. APPLICATION OF A
COOPERATIVE SCRIPT LEARNING MODEL TO SUPPORT
SPEAKABILITY IN CLASS IV ELEMENTARY SCHOOL 5
WAWOLESEA NORTH KONAWE DISTRICT. Guided by: Prof. Dr. Hj. St.
Kuraedah M.Ag and Karim M.Hum
This research aims to improve student speaking skills through the
application of the Cooperative Script Students Learning Model of Class IV SDN 5
Wawolesea. This research is a classroom action research that consists of four
stages, namely, Planning, Implementation, Observation and Reflection. The object
of the investigation is a student of the fourth grade of elementary school 5
Wawolesea in the school year 2023/2024, which is 10. This study is conducted as
many as II cycles each cycle is conducted twice meetings. Based on the
independent curriculum learning results using the Cooperative Script learning
model in Class IV elementary school 5 Wawolesea. As for learning before action
with a presentation of 47.5%, with an average score of 47.5. In the first cycle, the
results of teacher activity were quite good, as did the student activity. As for the
student's speech skills in the first one, the meeting was 53% with an average score
of 53. In the second meeting, there was an increase to 58.5% with a mean score of
58.5. However, since the first cycle has not achieved the indicator of success of
75% so it is necessary to continue in the second cycle. At the first meeting the
activity of teachers and students is better than in the previous cycle, while the
student's speech skills in the 2nd cycle were 64.5% with an average score of 64.5
and the speech skill of students at the second meeting was 76% with a mean score
of 76 with the number of students in attendance of 8 out of 10 people. So at this
cycle have met the indicators of success, then the data is said that using the
learning model Cooperative Script can improve student speech in students in the
4th grade elementary school 5 Wewolesea.
Keywords : Speaking Skills, Application, Learning Model Cooperative Script

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata Kunci : Keterampilan Berbicara, Penerapan, model pembelajaran Cooperative Script
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Keterampilan Berbicara, Penerapan, model pembelajaran Cooperative Script
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 28 Aug 2024 00:05
Last Modified: 28 Aug 2024 00:05
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2937

Actions (login required)

View Item View Item