STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SDN BAJO INDAH KECAMATAN SOROPIA KABUPATEN KONAWE

Siti Fadilah, NIM 19010104047, S (2023) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SDN BAJO INDAH KECAMATAN SOROPIA KABUPATEN KONAWE. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Siti Fadilah, NIM 19010104047, Strategi Guru dalam Meningkatkan Minat
Belajar Matematika Siswa di SDN Bajo Indah Kecamatan Soropia,
Kabupaten Konawe,Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institute Agama Islam Negeri (IAIN)
Kendari melalui bimbingan Dr. Samrin, M.Pd.I dan Sitti Aisyah Mu’min S.Ag,
M.Pd
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui Strategi Guru dalam
meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa di SDN Bajo Indah Kecamatan
Soropia, Kabupaten Konawe, Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
yang juga merupakan penelitian lapangan (field research). Dalam penelitian ini
data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model miles dan Huberman,
yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini
menunjukan bahwa: Minat belajar siswa di SDN Bajo Indah Kecamatan Soropia,
Kabupaten konawe tergolong baik terlihat pada empat aspek yaitu (1) perasaan
senang (suka) siswa (2) ketertarikan siswa (3) perhatian siswa dan (4) keterlibatan
siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika.
Strategi Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa di
SDN Bajo Indah Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe yaitu, (1) menggunakan
metode pembelajaran yang bervariasi (2) memberikan rangsangan berupa
dorongan agar siswa antusias dan semangat mengikuti pembelajaran seperti
melakukan ice beraking di awal dan di sela-sela pembelajaran, selain itu guru juga
memberikan apresiasi kepada siswa agar siswa antusias, semangat dan menaruh
perhatian lebih saat kegiatan belajar, (3) mengembangkan kebiasaan teratur
(membentuk pembiasaan yang baik) (4) menyediakan fasilitas pendukung dalam
pembelajaran.
Kendala-kendala bagi guru-guru di SDN Bajo Indah Kecamatan Soropia,
Kabupaten Konawe dalam meningkatkan minat belajar siswa yaitu ada beberapa
siswa yang cederung suka mengobrol dengan temannya serta ada siswa yang suka
usil dengan teman-teman sekelasnya dan tidak memperhatikan guru yang sedang
menjelaskan di depan kelas hal tersebut juga dapat mengganggu konsentrasi guru
saat mengajar selain itu juga kurangnya fasilitas sarana dan prasarana maupun
media pembelajaran di sekolah yang mendukung guru dalam kegiatan
pembelajaran dan kurangnya dorongan dari orang tua siswa untuk belajar
sehingga dapat mempengaruhi dan menghambat peningkatan minat belajar siswa.
.
Kata kunci : Strategi Guru, Minat Belajar Siswa

ABSTRACT
Siti Fadilah, NIM 19010104047, Teacher Strategy in Increasing Students'
Interest in Learning Mathematics at Bajo Indah Elementary School, Soropia
District, Konawe Regency, Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education Study
Program, Faculty of Tarbiyah and Teacher Science, State Islamic Institute (IAIN)
Kendari through the guidance of Dr. Samrin, M.Pd.I and Sitti Aisyah Mu'min
S.Ag, M.Pd
The aim of this research is to find out teachers' strategies in increasing
students' interest in learning mathematics at SDN Bajo Indah, Soropia District,
Konawe Regency. This research uses a qualitative approach which is also field
research. In this research, data was collected using observation, interview and
documentation techniques.The data analysis used is the Miles and Huberman
model, namely data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The
results of this research show that: Students' interest in learning at SDN Bajo
Indah, Soropia District, Konawe Regency is classified as good, seen in four
aspects, namely (1) students' feelings of enjoyment (2) students' interest (3)
students' attention and (4) students' involvement in participating in mathematics
learning.
Teacher strategies for increasing students' interest in learning mathematics
at SDN Bajo Indah, Soropia District, Konawe Regency, namely,(1) using a variety
of learning methods (2) providing stimulation in the form of encouragement so
that students are enthusiastic and enthusiastic about participating in learning, such
as doing ice breaking at the beginning and in between learning, apart from that,
the teacher also gives appreciation to students so that students are enthusiastic,
enthusiastic and invested. pay more attention during learning activities,(3) develop
regular habits (form good habits) (4) provide supporting facilities for learning.
The obstacles for teachers at SDN Bajo Indah, Soropia District, Konawe
Regency in increasing students' interest in learning, are that there are some
students who tend to like chatting with their friends and there are students who
like to be nosy with their classmates and not paying attention to the teacher who is
explaining in front of the class, this can also disturb the teacher's concentration
when teaching. Apart from that, there is also a lack of facilities and infrastructure
as well as learning media in schools that support teachers in learning activities and
a lack of encouragement from parents to learn so that it can influence and hinder
the increase in students' interest in learning.
Keywords: Teacher Strategy, Student Interest in Learning

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata kunci : Strategi Guru, Minat Belajar Siswa
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Strategi Guru, Minat Belajar Siswa
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 29 Aug 2024 01:50
Last Modified: 29 Aug 2024 01:50
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2949

Actions (login required)

View Item View Item