PERSEPSI GURU DAN SISWA TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 17 KONAWE SELATAN

Mitra, NIM. 16010108026, M (2022) PERSEPSI GURU DAN SISWA TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 17 KONAWE SELATAN. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (570kB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (701kB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (573kB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf

Download (712kB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (530kB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (562kB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (691kB)

Abstract

ABSTRAK
Mitra, NIM. 16010108026 “Persepsi Guru dan Siswa terhadap Implementasi
Kurikulum 2013 dalam Pelajaran Biologi di SMA Negeri 17 Konawe Selatan”
dibimbing oleh Ir. Muragmi Gazali M.Ed
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru dan siswa, kendala serta
solusi yang ditemukan oleh guru dan siswa terhadap pengimplementasi kurikulum 2013
dalam pelajaran biologi di SMA Negeri 17 Konawe Selatan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus. Partisipan dalam penelitian ini
adalah guru Biologi dan 3 orang siswa kelas XI IPA dan 3 orang siswa kelas XII IPA. Teknik
pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data
dilakukan secara deskriptif interaktif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Persepsi guru terhadap implementasi
kurikulum 2013 adalah positif, ditunjukan dengan terlaksana baik dalam perencanaan
pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran serta efektifitas penerapan
kurikulum yang masih dalam tahap perkembangan. (2) Persepsi siswa terhadap implementasi
kurikulum 2013 adalah positif, ditunjukan dengan terlaksana baik dimana siswa
mempersiapkan diri dalam menghikuti pembelajaran, proses pelaksaaan pembelajaran dikelas
menyenangkan dan memberikan pengalaman yang baik, evaluasi pembelajaraan membantu
siswa mendapat niali yang lebih baik, serta efektifitas penerapan kurikulum yang masih
dalam tahap perkembangan. (3) Kendala yang ditemui oleh guru peserta didik kurang percaya
diri, keadaan sumber belajar dan prasarana belajar kurang lengkap. Adapun upaya yang
dilakukan oleh guru adalah melihat literatur atau sumber pembelajaran dari internet,
melakukan demonstarasi di kelas dan percobaan di laboratorium di mana mendorong peserta
didik untuk berperan aktif dalam pembelajaran. (4) Kendala siswa adalah guru yang jarang
menjelaskan, banyaknya informasi yang tidak terpercaya saat menggunakan internet,
kurangnya fasilitas dan sarana pembelajaran. Adapun upaya yang dilakukan oleh siswa
adalah mempelajari kembali pelajaran dirumah dan memberi tahu guru yang bersangkutan
untuk menjelaskan ulang dan memberi contoh lain agar siswa lebih paham lagi mengenai
materi yang di ajarkan
Kata kunci: Persepsi; Kurikulum 2013; Biologi

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata kunci: Persepsi; Kurikulum 2013; Biologi
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Persepsi; Kurikulum 2013; Biologi
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 30 Aug 2024 03:02
Last Modified: 30 Aug 2024 03:02
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2960

Actions (login required)

View Item View Item