PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFE TIPE JIGSAW LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI SDN 4 WOLASI

NINGSIH. NIM. 18010104031., N (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFE TIPE JIGSAW LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI SDN 4 WOLASI. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (7MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (7MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (7MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (7MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf

Download (7MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (7MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK
NINGSIH. NIM. 18010104031. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN
KOOPERATIFE TIPE JIGSAW LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL
BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI
SDN 04 WOLASI. Dibimbingi Oleh: Dra. Hj. St Fatimah K M.A Dan Karim M.Hum
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pencapaian hasil belajar peserta
didik
pada pelajaran Bahasa Indonesia yang kurang maksimal akibat
penggunaan metode konvensional oleh pendidik dalam pembelajaran. Tujuan
penelitian ini adalah memaparkan aktivitas pendidik serta hasil belajar peserta
didik kelas V SD Negeri 4 Wolasi pada pelajaran Bahasa Indonesia dengan model
pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian ini menggunakan Penelitian
Tindakan Kelas yang mengacu pada pemikiran Kemmis dan Mc Taggart dengan
teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi dan tes. Subjek dalam
penelitian ini yaitu peserta didik kelas V SD Negeri 4 Wolasi yang
berjumlah 26 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas
pendidik dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada
pelajaran
Bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri 4 Wolasi mengalami
peningkatan. Pada siklus 1 aktivitas pendidik memiliki presentase 68,42%
(kurang ) kemudian pada siklus 2 meningkat menjadi 94,73% dengan kriteria
sangat tinggi. Selain itu, hasil belajar peserta didik pada pelajaran Bahasa
Indonesia juga mengalami peningkatan, dimana pada siklus 1 hanya terdapat
73,07% peserta didik yang memiliki hasil belajar mencapai KKM, kemudian
pada siklus 2 meningkat menjadi 88,46%. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada pelajaran Bahasa
Indonesia dinilai efektif dalam meningkatkan aktivitas pendidik serta hasil belajar
peserta didik.
Kata kunci:Model Pembelajaran Kooperatife Tipe Jigsaw, Hasil Belajar, Bahasa
Indonesia.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata kunci:Model Pembelajaran Kooperatife Tipe Jigsaw, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci:Model Pembelajaran Kooperatife Tipe Jigsaw, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
400 Bahasa > 410 Linguistik, Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 30 Aug 2024 03:21
Last Modified: 30 Aug 2024 03:21
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2962

Actions (login required)

View Item View Item