STUDI PENGARUH PEMBELAJARAN BERPRAKTIKUM TERHADAP MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPA TERPADU KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 KENDARI

RIFKATUL MUKARRAMA, NIM: 19010107003., R (2023) STUDI PENGARUH PEMBELAJARAN BERPRAKTIKUM TERHADAP MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPA TERPADU KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 KENDARI. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (4MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (4MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf

Download (4MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
RIFKATUL MUKARRAMA, NIM: 19010107003. Pengaruh Pembelajaran
Berpraktikum terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar IPA Terpadu Siswa di
SMPN 1 Kendari. (Dibimbing Oleh: Bapak Zul Arham S.Si., M.Si dan Ibu Andi
Nurannisa Syam S.Pd., M.Pd)
Kualitas dan mutu pendidikan di Indonesia saat ini terbilang cukup rendah
bila dibandingkan dengan negara-negara lainnya di dunia. Berdasarkan hasil
survei PISA tentang sistem pendidikan menengah di dunia, pada tahun 2019
berada pada peringkat ke-74 dari 79 negara yang disurvei. Hal ini
menggambarkan bahwa Indonesia berada diperingkat ke-6 terendah dari negara
negara lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)pengaruh
pembelajaran berpraktikum terhadap minat belajar IPA kelas VIII di SMPN 1
Kendari; (2)pengaruh pembelajaran berpraktikum terhadap hasil belajar IPA kelas
VIII di SMPN 1 Kendari; (3)pengaruh pembelajaran berpraktikum terhadap minat
belajar dan hasil belajar IPA kelas VIII di SMPN 1 Kendari. Jenis penelitian ini
adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode ex post fakto. Populasi
dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Kendari tahun ajaran
2022/2023 yang berjumlah 331 orang dengan menggunakan metode proporsional
random sampling dengan tingkat toleransi 10%. Uji validitas menggunakan rumus
korelasi product moment, dan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha
cronbach. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil
penelitian pada taraf signifikansi menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh
positif dan signifikan pembelajaran berpraktikum terhadap minat belajar siswa
pada mata pelajaran IPA di SMPN 1 Kendari. Hal ini ditunjukkan dari nilai
signifikansi lebih kecil dari 0,050(0,000<0,050) pengaruh variabel pembelajaran
berpraktikum terhadap minat belajar sebesar 66% sisanya 34% dipengaruhi oleh
faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini,; (2)terdapat pengaruh positif
dan signifikan pembelajaran berpraktikum terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPA di SMPN 1 Kendari, hal ini ditunjukkan dari nilai signifikansi lebih
kecil dari 0,050(0,000<0,050) variabel pembelajaran berpraktikum terhadap hasil
belajar sebesar 23,2% sisanya 76,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak
diteliti dalam penelitian ini; (3)terdapat pengaruh pembelajaran berpraktikum
terhadap minat belajar dan hasil belajar IPA kelas VIII di SMPN 1 Kendari
ditunjukkan dengan nilai signifikasi<0,05.
Kata Kunci: Pembelajaran berpraktikum; minat belajar, hasil belajar IPA, SMP Negeri 1
Kendari

ABSTRACT
RIFKATUL MUKARRAMA, NIM: 19010107003. The Influence of Practicum
Learning on Learning Interests and Learning Outcomes of Integrated Science
Students at SMPN 1 Kendari. (Guided by: Mr. Zul Arham S.Si., M.Si and Mrs.
Andi Nurannisa Syam S.Pd., M.Pd)
The quality and quality of education in Indonesia is currently quite low
when compared to other countries in the world. Based on the results of the PISA
survey on secondary education systems in the world, in 2019 it was ranked 74th
out of 79 countries surveyed. This illustrates that Indonesia is ranked 6th lowest
than other countries. This study aims to find out: (1) the influence of practicum
learning on the interest in learning science grade VIII at SMPN 1 Kendari; (2) the
influence of practicum learning on the learning outcomes of grade VIII science at
SMPN 1 Kendari; (3) the influence of practicum learning on learning interest and
learning outcomes of grade VIII science at SMPN 1 Kendari. This type of
research is quantitative descriptive research with ex post facto method. The
population in this study is grade VIII students of SMPN 1 Kendari for the
2022/2023 school year totaling 331 people using the proportional random
sampling method with high. (1) there is a positive and significant influence of
practicum learning on students' learning interest in science subjects at SMPN 1
Kendari. This is shown from a significance value smaller than 0.050
(0.000<0.050) the influence of practicum learning variables on learning interest
by 66%, the remaining 34% is influenced by other factors not studied in this
study; (2) there is a positive and significant influence of practicum learning on
student learning outcomes in science subjects at SMPN 1 Kendari, this is shown
from a significance value smaller than 0.050 (0.000<0.050) practicum learning
variables on learning outcomes by 23.2%, the remaining 76.8% are influenced by
other factors that were not studied in this study; (3) there is an influence of
practicum learning on learning interest and the learning outcomes of grade VIII
science at SMPN 1 Kendari are shown by a signification value of <0.05.
Keywords: Practicum learning; interest in learning, science learning outcomes,
SMP Negeri 1 Kendari

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata Kunci: Pembelajaran berpraktikum; minat belajar, hasil belajar IPA, SMP Negeri 1 Kendari
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pembelajaran berpraktikum; minat belajar, hasil belajar IPA, SMP Negeri 1 Kendari
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan IPA
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 02 Sep 2024 01:45
Last Modified: 02 Sep 2024 01:45
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2965

Actions (login required)

View Item View Item