MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MORAL MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POP UP BOOK PADA ANAK KELOMPOK B TK KUNCUP BIRU KEC. POLEANG TIMUR KAB.BOMBANA SULAWESI TENGGARA

Ika rahmawati. 16010105016, I (2022) MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MORAL MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POP UP BOOK PADA ANAK KELOMPOK B TK KUNCUP BIRU KEC. POLEANG TIMUR KAB.BOMBANA SULAWESI TENGGARA. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (809kB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (863kB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (824kB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (678kB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (677kB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Ika rahmawati. 16010105016. Meningkatkan Perkembangan Moral Melalui
Metode Bercerita Dengan Menggunakan Media Pop Up Book Pada Anak
Kelompok B TK Kuncup Biru kec. Poleang timur kab. Bombana Sulawesi
Tenggara. Di Bimbing oleh: Dr. Muh Shaleh, M.Pd
Perkembangan moral anak di TK Kuncup Biru masih sangat rendah, hal
ini masih banyak anak-anak yang kurang memahami perbuatan baik dan buruk,
hal ini dapat dilihat dari anak-anak yang masih belum menaati aturan seperti tidak
menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tempatnya, belum mampu
membedakan sikap baik dan buruk, berperilaku jujur dan tidak sombong , terbiasa
mengucapkan terimakasih, tolong dan permisi. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui (1) Apakah dengan menggunakan metode bercerita melalui media
Pop Up Book dapat meningkatkan perkembangan moral anak pada kelompok B
di TK Kuncup Biru.
Penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan kelas (PTK) dengan dua
siklus model kemmis dan Mc taggart yang memiliki empat tahapan yakni
perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. setiap siklus dilakukan dengan
tiga kali pertemuan.Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
dokumentasi dan penilaian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Poop Up Book dapat meningkatkan
perekmbangan moral anak kelas B di TK Kuncup Biru. Perkembangan moral anak
mengalami perubahan yang sangat baik. Pada siklus 1 menunjukkan kemampuan
moral anak dominan berada pada kriteria ketuntasan 78,57% atau berada pada
kategori cukup. Pada siklus 2 menunjukkan kemampuan moral anak berada pada
rentang penilaian berkembang sesuai harapan dengan kriteria ketuntasan sebanyak
85,71% atau berada dalam kategori baik. kemampuan moral anak pada indikator
anak mampu menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tempatnya
indicator ketuntasannya 42,85%, anak mampu membedakan sikap baik dan buruk
kriteria ketuntasannya 64,29%, indikator anak mampu berperilaku jujur dan tidak
sombong kriteria ketuntasannya 85,71%, indikator anak terbiasa mengucap terima
kasih, tolong dan permisi kriteria ketuntasannya 85,71%.
Kata Kunci: Perkembangan Moral, Poop Up Book Tk Kuncup Biru

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata Kunci: Perkembangan Moral, Poop Up Book Tk Kuncup Biru
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Perkembangan Moral, Poop Up Book Tk Kuncup Biru
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar > 372.21 Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 13 Sep 2024 07:33
Last Modified: 13 Sep 2024 07:33
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3022

Actions (login required)

View Item View Item