MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE PROYEK DI RA AR-RAHMAH WAWONGGOLE KAB. KONAWE

Juniatin Rahayu. Nim. 19010105049., J (2023) MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE PROYEK DI RA AR-RAHMAH WAWONGGOLE KAB. KONAWE. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (403kB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (258kB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (257kB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (79kB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf

Download (762kB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (27kB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (147kB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (688kB)

Abstract

ABSTRAK
Juniatin Rahayu. Nim. 19010105049. Meningkatkan Perkembangan Sosial
Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Proyek Di RA Ar-Rahmah
Wawonggole Kab. Konawe. Dibimbing Oleh: Dr. Hj. Hadi Machmud. M.Pd
dan La Hewi S.Pd. I, M.Pd
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pencapaian
perkembangan sosial emosional anak pada kelompok B di RA Ar-Rahmah
Wawonggole. Model yang dipilih untuk melakukan tindakan yaitu model Kemmis
dan Mc Tanggart yang memiliki beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan dan refleksi. Data perkembangan sosial emosional anak diperoleh
melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, selanjutnya penelitian setiap
siklus dilakukan tiga kali pertemuan. Hasil pelaksanaan tindakan menunjukkan
bahwa meningkatkan perkembangan sosial emosional melalui metode proyek dapat
meningkatkan perkembangan sosial emosional anak di kelas B di RA Ar-Rahmah
Wawonggole. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi yang menunjukkan bahwa
perkembangan sosial emosional dengan indikator memperlihatkan kemampuan
meneyesuaikan dengan teman kelompok baru di setiap pertemuan, mampu
merapikan peralatan sesudah mengerjakan tugas proyek, mau berbagi dengan
teman, dan mampu memberi apresiasi terhadap karya temannya yang dimana anak
mengalami perubahan yang sangat baik. Pada pratindakan yang dikatakan tuntas
mencapai 66,66%, pada siklus I anak yang tuntas mencapai 33.33% dan siklus II
anak yang tuntas mencapai 75%. Hal ini menunjukkan peningkatan dari penelitian
awal sampai siklus II, dan bisa dikatakan bahwa perkembangan sosial emosional
anak mengalami peningkatan yang signifikan dan dapat dikatakan berhasil karena
telah sesuai dengan indikator tingkat pencapaian yakni 75%.
Kata Kunci: Sosial Emosional, Metode Proyek

ABSTRAK

Juniatin Rahayu. Nim. 19010105049. Meningkatkan Perkembangan Sosial
Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Proyek Di RA Ar-Rahmah
Wawonggole Kab. Konawe. Dibimbing Oleh: Dr. Hj. Hadi Machmud. M.Pd
dan La Hewi S.Pd. I, M.Pd

This classroom action research aims to determine the level of achievement of social
emotional development of children in group B at RA Ar-Rahmah Wawonggole.
The model chosen to take action is the Kemmis and Mc Tanggart model which has
several stages, namely planning, implementation, observation and reflection. Data
on children's social emotional development was obtained through observation,
interviews and documentation, then the research was carried out three meetings per
cycle. The results of implementing the action show that improving social emotional
development through the project method can improve the social emotional
development of children in class B at RA Ar-Rahmah Wawonggole. This can be
seen from the results of observations which show that social emotional
development with indicators shows the ability to adapt to new group friends at each
meeting, being able to tidy up equipment after working on project assignments,
being willing to share with friends, and being able to give appreciation to the work
of friends which the child experiences. very good change. In the pre-action that was
said to be complete, it reached 66.66%, in cycle I the children who completed it
reached 33.33% and in cycle II the children who completed it reached 75%. This
shows an increase from the initial research to cycle II, and it can be said that the
child's social emotional development has increased significantly and can be said to
be successful because it is in accordance with the achievement level indicator,
namely 75%.

Kata Kunci: Social Emotional, Project Method

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata Kunci: Sosial Emosional, Metode Proyek
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Sosial Emosional, Metode Proyek
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar > 372.21 Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 18 Sep 2024 02:12
Last Modified: 18 Sep 2024 02:12
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3064

Actions (login required)

View Item View Item