ANALISIS KESESUAIAN KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS XI SMA NEGERI 2 KENDARI

Anugrah Pratama, NIM. 19010108017, A (2023) ANALISIS KESESUAIAN KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS XI SMA NEGERI 2 KENDARI. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (9MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (9MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (9MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (9MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf

Download (9MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (9MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK
Anugrah Pratama, NIM. 19010108017. Analisis Kesesuaian Kurikulum 2013
dalam Pembelajaran Biologi Kelas XI SMA Negeri 2 Kendari. Dibimbing
Oleh: Bapak Dr. Mansyur, M. Pd dan Bapak Syarif Rizalia, M. Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Untuk mengetahui kesesuaian kurikulum 2013 pada
perencanaan pembelajaran biologi kelas XI IPA 2 di SMA Negeri 2 Kendari. 2). Untuk
mengetahui kesesuaian kurikulum 2013 pada pelaksanaan pembelajaran biologi kelas XI
IPA 2 di SMA Negeri 2 Kendari. 3). Untuk mengetahui kesesuaian kurikulum 2013 pada
pelaksanaan penilaian pembelajaran biologi kelas XI IPA 2 di SMA Negeri 2 Kendari.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi..
Lokasi penelitian di SMA 2 Kendari. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada
penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisis
data yang digunakan yaitu model interaktif dari Miles dan Huberman, model interaktif:
reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
pada aspek perencanaan pembelajaran (RPP), bahwa RPP yang telah disusun sudah
sesuai dengan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses
Pendidikan Dasar dan Menengah yang kemudian menyesuaikan dengan Surat
Edaran Mendikbud No. 14 Tahun 2019 menyatakan dalam penyerdehanaan RPP
kompenen intinya meliputi tujuan pembelajaran, langkah pembelajaran dan
penilaian pembelajaran, komponen yang lain hanya sebagai pelengkap. Aspek
pelaksanaan pembelajaran, bahwa sudah berpedoman pada Permendikbud Nomor
22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah namun
masih ditemukan ketidak sesuaian pada pertemuan tertentu dalam penjelasan tujuan
pembelajaran, melakukan tindak lanjut berupa pemberian tugas, dan
menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
Aspek penilaian, bahwa guru biologi sudah berpedoman pada Permendikbud No.
66 Tahun 2013 tetang standar penialaian dalam melaksanakan penilaian otentik
kurikulum 2013 mata pelajaran biologi. Dimana proses evaluasi pembelajaran
biologi dilaksanakan dalam bentu penilaian otentik artinya penilaian yang
dilakukan secara komprehensif mulai dari proses hingga keluaran pembelajaran.
Penilaian ini mencakup ranah sikap, keterampilan, dan pengetahuan.
Kata Kunci: Kurikulum 2013, RPP, Pelaksanaan Pembelajaran

ABSTRACT
Anugrah Pratama, NIM. 19010108017. Analysis of the Suitability of the 2013
Curriculum in Class XI Biology Learning at SMA Negeri 2 Kendari.
Supervised by: Mr. Dr. Mansyur, M. Pd and Mr. Syarif Rizalia, M. Pd.
This research aims to: 1). To determine the suitability of the 2013 curriculum for
biology learning planning for class XI IPA 2 at SMA Negeri 2 Kendari. 2). To
determine the suitability of the 2013 curriculum for implementing biology learning
for class XI IPA 2 at SMA Negeri 2 Kendari. 3). To determine the suitability of the
2013 curriculum for implementing the biology learning assessment for class XI IPA
2 at SMA Negeri 2 Kendari. This research uses a qualitative type of research with a
phenomenological approach. The research location is SMA 2 Kendari. The data
collection techniques used in this research used observation, interviews and
documentation. The data analysis technique used is the interactive model from
Miles and Huberman, interactive model: reduction, data presentation, and drawing
conclusions. The results of the research show that in the learning planning (RPP)
aspect, the RPP that has been prepared is in accordance with Minister of Education
and Culture Regulation Number 22 of 2016 concerning Standards for Primary and
Secondary Education Processes which then conforms to Minister of Education and
Culture Circular Letter No. 14 of 2019 states that in simplifying the RPP, the core
components include learning objectives, learning steps and learning assessment, the
other components are only complementary. The aspect of implementing learning is
that it is guided by Minister of Education and Culture Regulation Number 22 of
2016 concerning Primary and Secondary Education Process Standards, but
discrepancies are still found at certain meetings in explaining learning objectives,
carrying out follow-up in the form of giving assignments, and informing learning
activity plans for the next meeting. The assessment aspect is that biology teachers
are guided by Minister of Education and Culture Regulation No. 66 of 2013
concerning assessment standards in carrying out authentic assessments of the 2013
curriculum in biology subjects. Where the biology learning evaluation process is
carried out in the form of authentic assessment, meaning the assessment is carried
out comprehensively from the process to the learning output. This assessment
covers the domains of attitudes, skills and knowledge.
Keywords: 2013 Curriculum, RPP, Learning Implementation, Assessment.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata Kunci: Kurikulum 2013, RPP, Pelaksanaan Pembelajaran, Penilaian.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kurikulum 2013, RPP, Pelaksanaan Pembelajaran, Penilaian.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 19 Sep 2024 00:30
Last Modified: 19 Sep 2024 00:30
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3163

Actions (login required)

View Item View Item