PERBEDAAN KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING”

Siti Aisyah. NIM. 18010110017, S (2024) PERBEDAAN KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING”. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
SAMPUL.pdf

Download (671kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (256kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (361kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (406kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (270kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (21kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (245kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Siti Aisyah. NIM. 18010110017. “Perbedaan Kemandirian dan Hasil Belajar
Matematika Siswa Yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran Reciprocal
Teaching”. Dibimbing Oleh:Muhammad Syarwa Sanggila, S.Pd., M.Pd. dan
Halistin, M.Si
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk (1) untuk
mengetahui keterlaksanaan pembelajaran di kelas VII MTsN 5 Muna; (2) untuk
mengetahui deskripsi kemandirian siswa kelas VII MTsN 5 Muna; (3) untuk
mengetahui deskripsi hasil belajar siswa kelas VII MTsN 5 Muna; (4) untuk mengetahui
perbedaan rata-rata kemandirian belajar siswa menggunakan model pembelajaran
reciprocal teaching dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran
konvesional; dan (5) untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa menggunakan
model pembelajaran reciprocal teaching dengan siswa menggunakan model
pembelajaran konvesional. Populasi sekaligus sampel pada penelitian ini adalah siswa
kelas VII MTsN 5 Muna yang berjumlah 48 siswa. Teknik pengambilan sampel
menggunakan simple random sampling. Kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas
VIIB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data melalui angket dan hasil tes.
Data dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif untuk
mendefinisikan karakteristik variabel. Sedangkan analisis inferensial untuk menarik
kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan rata-rata
kemandirian belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran
reciprocal teaching yang berada pada kategori sedang dan siswa yang diajar
menggunakan model pembelajaran konvesional berada pada kategori sedang; (2)
terdapat pengaruh hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran reciprocal
teaching dengan berada pada kategori sedang dengan persentase 50% dan siswa
menggunakan model pembelajaran konvesional berada pada kategori sedang; (3)
Perbedaan kemandirian dan hasil belajar matematika siswa yang digunakan model
pembelajaran reciprocal teaching berpengaruh lebih baik dari pada pembelajaran
dengan menggunakan model pembelajaran konvesional
Kata kunci: Kemandirian belajar siswa, Hasil Belajar Matematika, Model
Pembelajaran, Reciprocal Teaching dan Konvensional .

ABSTRACT
Siti Aisyah. NIM. 18010110017. “Differences in Independence and Mathematics
Learning Outcomes of Students Taught Using the Reciprocal Teaching Model. ”
Guided by :Muhammad Syarwa Sanggila, S.Pd., M.Pd. And Halistin, M.Si
This study is a quantitative research that aims to (1) determine the implementation
of learning in class VII of MTsN 5 Muna; (2) describe the independence of students in
class VII of MTsN 5 Muna; (3) describe the learning outcomes of students in class VII
of MTsN 5 Muna; (4) determine the difference in the average learning independence of
students using the reciprocal teaching model compared to students taught using the
conventional learning model; and (5) determine the effect on learning outcomes of
students using the reciprocal teaching model compared to students using the
conventional learning model. The population and sample in this study consisted of 48
students from class VII of MTsN 5 Muna. The sampling technique used was simple
random sampling, with class VIIA as the experimental class and class VIIB as the
control class. Data collection techniques included questionnaires and test results. The
data were analyzed descriptively and inferentially. Descriptive analysis was used to
define the characteristics of the variables, while inferential analysis was used to draw
conclusions. The results of this study indicate that (1) there is a difference in the average
learning independence of students taught using the reciprocal teaching model, which is
in the medium category, compared to students taught using the conventional learning
model, which is also in the medium category; (2) there is an effect on the learning
outcomes of students using the reciprocal teaching model, which falls into the medium
category with a percentage of 50%, compared to students using the conventional
learning model, which also falls into the medium category; (3) the difference in
independence and mathematics learning outcomes of students taught using the
reciprocal teaching model is more favorable compared to those taught using the
conventional learning model
Keywords: Learning Independence; Mathematics Learning Outcomes; Learning
Model; Reciprocal Teaching

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata kunci: Kemandirian belajar siswa, Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran, Reciprocal Teaching dan Konvensional .
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Kemandirian belajar siswa, Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran, Reciprocal Teaching dan Konvensional .
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 19 Sep 2024 00:38
Last Modified: 19 Sep 2024 00:38
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3164

Actions (login required)

View Item View Item