PERAN CIRCLE FRIENDSHIP DALAM PEMBENTUKAN NILAI KARAKTER SISWA DI SMPN 4 KENDARI

Nurfajri Dukhana, Nim 2020010101116,, N (2024) PERAN CIRCLE FRIENDSHIP DALAM PEMBENTUKAN NILAI KARAKTER SISWA DI SMPN 4 KENDARI. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (337kB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (435kB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (310kB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf

Download (654kB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (269kB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (290kB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (897kB)

Abstract

ABSTRAK
Nurfajri Dukhana, Nim 2020010101116, Peran Circle Friendship dalam
Pembentukan Nilai Karakter Siswa di SMPN 4 Kendari (dibimbing oleh Ibu Prof.
Dr. Hj. Hadi Machmud M.Pd dan Ibu Khairunnisa Syamsu S.Pd., M.Pd)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) peran circle friendship dalam
pembentukan nilai karakter siswa di SMPN 4 Kendari. 2) nilai karakter yang
dibentuk oleh circle friendship siswa di SMPN 4 Kendari. Penelitian ini
menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Jenis data
dalam penelitian ini diklasifikasi menjadi data primer dan data sekunder. Metode
observasi, wawancara dan dokumentasi digunakan peneliti sebagai cara untuk
mengumpulkan data yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan model
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Triangulasi data
digunakan peneliti sebagai tekhnik pengecekan keabsahan data. Hasil penelitian
ini adalah: (1) Peran circle friendship dalam pembentukan nilai karakter siswa di
SMPN 4 Kendari ialah sebagai (a) fasilitator, yakni pemberian informasi yang
mengarahkan pada perilaku siswa (b) mediator, yaitu pihak netral yang dapat
memberikan nasehat sebagai penengah dalam permasalahan antar siswa (c)
motivasi, yaitu tempat bagi siswa untuk mendapatkan dukungan dan motivasi. (2)
Nilai karakter yang terbentuk melalui circle friendship di SMPN 4 Kendari yaitu
(a) disiplin: informasi yang diterima siswa dari circle friendship, dapat
mengarahkan pada hal positif maupun negatif bagi nilai karakter disiplin siswa (b)
empati: sikap empati circle friendship dapat memotivasi siswa untuk berperilaku
serupa (c) sopan santun; circle friendship dapat mengarahkan nilai karakter sopan
santun siswa pada hal positif melalui pemberian nasehat. Namun, dapat
mengarahkan pada hal negatif apabila circle friendship diisi oleh anggota
kelompok yang kurang sopan dan santun.
Kata Kunci: Peran Circle Friendship, Pembentukan Nilai Karakter

ABSTRAK
Nurfajri Dukhana, Nim 2020010101116, The Role of Circle Friendship in the
Formation of Student Character Values at SMPN 4 Kendari (Supervised by Prof. Dr.
Hj. Hadi Machmud M.Pd and Mrs. Khairunnisa Syamsu S.Pd., M.Pd).
This research aims to describe: 1) the role of circle friendship in the formation of
student character values at SMPN 4 Kendari. 2) character values formed by
students' circle friendship at SMPN 4 Kendari. This research uses qualitative
research with a case study approach. The types of data in this study are classified
into primary data and secondary data. Observation, interview and documentation
methods are used by researchers as a way to collect data which is then analyzed
using the data reduction model, data presentation and conclusion drawing. Data
triangulation is used by researchers as a data validity checking technique. The
results of this study are: (1) The role of circle friendship in the formation of
student character values at SMPN 4 Kendari is as (a) facilitator, namely
providing information that directs student behavior (b) mediator, which is a
neutral party who can provide advice as a mediator in problems between students
(c) motivation, which is a place for students to get support and motivation. (2)
Character values formed through circle friendship at SMPN 4 Kendari are (a)
discipline: information received by students from circle friendship can lead to
positive or negative things for students' discipline character values (b) empathy:
circle friendship's empathetic attitude can motivate students to behave similarly
(c) courtesy; circle friendship can direct students' courtesy character values to
positive things through giving advice. However, it can lead to negative things if
circle friendship is filled with group members who are less polite and well
mannered.
Keywords: Role of Friendship Circle, Character Value Formation

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata Kunci: Peran Circle Friendship, Pembentukan Nilai Karakter
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Peran Circle Friendship, Pembentukan Nilai Karakter
Subjects: 200 Agama > 297.7 Perkembangan Islam > 297.74 Dakwah Islam, Penyebaran Islam > 297.77 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 23 Sep 2024 00:55
Last Modified: 23 Sep 2024 00:55
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3183

Actions (login required)

View Item View Item