PERAN GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI SD IT AL-WAHDAH BOMBANA

Hasan, NIM. 18010104069., H (2023) PERAN GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI SD IT AL-WAHDAH BOMBANA. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (876kB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (966kB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (970kB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Hasan, NIM. 18010104069. Judul “Peran Guru Kelas dalam Meningkatkan
Akhlakul Karimah Peserta Didik di SD IT Al-Wahdah Bombana”, Dibimbing
Oleh: Dr. Imelda Wahyuni S.S, M.Pd.I dan Dra. Hj. Marlina M.Pd.I
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: 1) Akhlak peserta
didik, 2) Peran guru kelas dalam meningkatkan akhlakul karimah peserta didik kelas
VI di SD IT Al-Wahdah Bombana. Penelitian ini menggunakan metode penelitian
kualitatif dengan pendekatan deskriptif studi kasus. Jenis data dalam penelitian ini
diklasifikasi menjadi data primer dan data skunder. Metode pengumpulan data terdiri
dari wawancara, observasi dan dokumentasi yang selanjutnya dianalisis dengan cara
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data
dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan
triangulasi. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa, peserta didik kelas
VI di SD IT Al-Wahdah Bombana mempunyai akhlak yang heterogen, yang
dipengaruhi oleh latar belakang lingkungan sosial. Hal ini dapat dilihat dari tindakan
peserta didik yang masih membuang sampah sembarangan, mengganggu teman kelas
dan malas memuroja’ah hafalan Qur’an yang telah mereka hafal sebelumnya. Tetapi
di sisi lain, peserta didik juga melakukan shalat dhuha secara berjamaah dan rutin
membaca doa sebelum memulai pembelajaran. Pada dasarnya hal tersebut, tidak
terlepas dari peran guru kelas dalam menjalankan perannya dalam meningkatkan
akhlakul karimah melalui pemberian bimbingan, pemberian nasehat, dan pemberian
motivasi kepada peserta didik. Adapun cara guru kelas dalam menjalankan peran
tersebut dalam meningkatkan akhlakul karimah peserta didik, yaitu dengan: 1)
Menanamkan nilai keimanan dan ketakwaan pada peserta didik, 2) Menanamkan
sikap tawakkal, bersyukur, dan selalu berdoa kepada Allah SWT, 3) Keteladana dari
guru, 4) Menanamkan sikap kepedulian terhadap sesama, 5) Menanamkan sikap
sopan santun kepada peserta didik, 6) Menanamkan nilai keindahan dan kebesihan
kepada peserta didik.
Kata Kunci: Peran Guru Kelas, Akhlakul Karimah

ABSTRACT
Hasan, NIM. 18010104069. Title "The Role of Homeroom Teachers in Improving
Students' Moral Character at SD IT Al-Wahdah Bombana", Supervised by: Dr.
Imelda Wahyuni S.S, M.Pd.I and Dra. Hj. Marlina M.Pd.I
This study aims to determine and describe: 1) Students' morals, 2) The role of
homeroom teachers in improving the moral character of sixth-grade students at SD
IT Al-Wahdah Bombana. This research uses a qualitative research method with a
descriptive case study approach. The types of data in this study are classified into
primary and secondary data. Data collection methods consist of interviews,
observations, and documentation, which are then analyzed by data reduction, data
presentation, and conclusion drawing. Data validity checks are carried out by
extending observations, increasing perseverance, and triangulation. The results of
the study show that the sixth-grade students at SD IT Al-Wahdah Bombana have
heterogeneous morals, which are influenced by their social environmental
background. This can be seen from the students' actions such as still littering,
disturbing classmates, and being lazy to review their memorized Qur'an verses.
However, on the other hand, students also perform Dhuha prayers in congregation
and routinely read prayers before starting learning. Basically, this is inseparable
from the role of the homeroom teacher in carrying out their role in improving moral
character through guidance, advice, and motivation to students. The ways in which
homeroom teachers carry out this role in improving students' moral character are:
1) Instilling faith and piety in students, 2) Instilling attitudes of trust, gratitude, and
always praying to Allah SWT, 3) The teacher's example, 4) Instilling a sense of care
for others, 5) Instilling good manners in students, 6) Instilling values of beauty and
cleanliness in students.
Keywords: The Role of Homeroom Teachers, Moral Character

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata Kunci: Peran Guru Kelas, Akhlakul Karimah
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Peran Guru Kelas, Akhlakul Karimah
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 27 Sep 2024 00:58
Last Modified: 27 Sep 2024 00:58
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3270

Actions (login required)

View Item View Item