STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN BACA AL-QUR’AN SISWA KELAS VIII SMP SATAP SMP NEGERI 2 BONEGUNU

Yusti Sapria. NIM: 19010101218., Y (2023) STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN BACA AL-QUR’AN SISWA KELAS VIII SMP SATAP SMP NEGERI 2 BONEGUNU. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (292kB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (631kB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (188kB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (178kB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (288kB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Yusti Sapria. NIM: 19010101218. Strategi Guru PAI Dalam Meningkatkan
Baca Al-Qur’an Siswa Kelas VIII SMP Satap SMP Negeri 2 Bonegunu.
Pembimbing: Dr. Abbas, S.Ag., MA dan Dr. Zulaeha, S.Ag., M.Ag.

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pembelajaran baca Al-Qur‟an
siswa kelas VIII SMP Satap SMP Negeri 2 Bonegunu, (2) untuk mengetahui
strategi guru PAI dalam meningkatkan baca Al-Qur‟an siswa kelas VIII SMP
Satap SMP Negeri 2 Bonegunu, (3) untuk mengetahui faktor pendukung dan
penghambat dalam meningkatkan baca Al-Qur‟an siswa kelas VIII SMP Satap
SMP Negeri 2 Bonegunu. Jenis penelitian ini kualitatif deskriptif. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan metede observasi, wawancara dan
dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekkan keabsahan data dilakukan
dengan triangulasi sumber, dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa (1) pembelajaran baca Al-Qur‟an siswa SMP Satap SMP Negeri 2
Bonegunu pada kelas VIII memiliki tingkat kemampuan yang berbeda-beda setiap
individunya. Mulai dari siswa dengan tingkat kemampuan yang lancar, sedang
dan masih belajar huruf hijaiyah, (2) strategi guru PAI, seperti menerapkan
strategi pembiasan membaca Al-Qur‟an sebelum pembelajaran PAI dimulai,
mengelompokkan peserta didik, dan penerapan baca simak Al-Qur‟an. sedangkan
metode yang digunakan guru PAI ceramah, pembiasaan dan latihan. (3) Faktor
yang mendukung guru PAI dalam meningkatan kemampuan membaca Al-Qur‟an
siswa kelas VIII SMP Satap SMPN 2 Bonegunu yaitu kepedulian kepala sekolah,
penambahan waktu. Faktor penghambat dalam meningkatkan baca Al-Qur‟an
yaitu kurangnya kesadaran siswa, kurangnya fasilitas media pembelajaran, dan
kurangnya peran dan perhatian orang tua.

Kata kunci: Strategi, guru PAI, Al-Qur’an

ABSTRACT

Yusti Sapria. NIM: 19010101218. PAI Teachers' Strategies in Improving
Qur'an Reading for Class VIII Students of SMP Satap SMP Negeri 2
Bonegunu. Supervisors: Dr Abbas, S.Ag., MA and Dr Zulaeha, S.Ag., M.Ag.

This study aims (1) to determine the learning of reading the Qur'an of grade
VIII students of SMP Satap SMP Negeri 2 Bonegunu, (2) to find out the strategy
of PAI teachers in improving the reading of the Qur'an of grade VIII students of
SMP Satap SMP Negeri 2 Bonegunu, (3) to find out the supporting and inhibiting
factors in improving the reading of the Qur'an of grade VIII students of SMP
Satap SMP Negeri 2 Bonegunu. This type of research is qualitatively descriptive.
Data collection techniques are carried out by observation, interview and
documentation methods. Data analysis techniques are carried out using data
reduction, data presentation and conclusions. Checking the validity of data is done
by source triangulation, and triangulation techniques. The results showed that (1)
learning to read the Qur'an students of SMP Satap SMP Negeri 2 Bonegunu in
grade VIII had different levels of ability for each individual. Starting from
students with fluent, medium and still learning hijaiyah letters, (2) PAI teacher
strategies, such as implementing refraction strategies for reading the Qur'an before
PAI learning begins, grouping students, and applying Qur'an reading. while the
methods used by PAI teachers are lectures, habituation and exercises. (3) Factors
that support PAI teachers in improving the ability to read the Qur'an of grade VIII
students of SMP Satap SMPN 2 Bonegunu are the principal's concern, additional
time. Inhibiting factors in improving Qur'an reading are lack of student awareness,
lack of learning media facilities, and lack of parental role and attention.

Keywords: Strategy, PAI teacher, Qur'an

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Strategi, guru PAI, Al-Qur’an
Uncontrolled Keywords: Strategi, guru PAI, Al-Qur’an
Subjects: 200 Agama > 297.122404 Bacaan Al-Qur'an, Membaca AlQur'an
300 Ilmu Sosial > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: iainkdi PERPUSTAKAAN IAIN KENDARI
Date Deposited: 09 Nov 2023 07:20
Last Modified: 09 Nov 2023 07:20
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/455

Actions (login required)

View Item View Item