MUAMMAL HAMIDY (14010103021), M (2023) ANALISIS KOMITMEN GURU HONORER DALAM MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DI MADRASAH ALIYAH NURUL FALAH KABUPATEN KONAWE SELATAN. Other thesis, IAIN KENDARI.
Text
1. COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
1. HALAMAN - HALAMAN.pdf Download (795kB) |
|
Text
2. BAB I.pdf Download (415kB) |
|
Text
3. BAB II.pdf Download (532kB) |
|
Text
4. BAB III.pdf Download (331kB) |
|
Text
5. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (520kB) |
|
Text
6. BAB V.pdf Download (212kB) |
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (317kB) |
|
Text
8. LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Muammal Hamidy, NIM. 14010103021. Analisis Komitmen Guru Honorer dalam
Meningkatkan Prestasi Siswa di Madrasah Aliyah Nurul Falah Kabupaten
Konawe Selatan. Dibimbing oleh: Dr. H. Pairin, M.A dan Badarwan, M.Pd.
Penelitian ini berjudul “Analisis Komitmen Guru Honorer dalam
Meningkatkan Prestasi Siswa di MA Nurul Falah Kabupaten Konawe Selatan”.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Bagaimana komitmen guru honorer di
MA Nurul Falah (2) Bagaimana peran guru honorer dalam meningkatkan prestasi
siswa di MA Nurul Falah (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat komitmen
guru honorer dalam meningkatkan prestasi siswa. Jenis penelitian ini adalah
penelitian kualitatif. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara dan
dokumentasi. Analisis dilakukan dalam tiga tahapan yaitu reduksi data, display data,
dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui teknik triangulasi
yaitu triangulasi waktu, triangulasi sumber, dan triangulasi teknik. Penelitian ini
mengambil 10 partisipan dengan 4 (empat) orang sebagai key informan dan 6 (enam)
lainnya sebagai informan pendukung. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru
honorer di MA Nurul Falah memiliki komitmen yang tinggi. Komitmen guru honorer
ditunjukan dengan adanya keyakinan yang kuat dan penerimaan tujuan serta nilai�nilai yang dimiliki MA Nurul Falah, terdapatnya keinginan untuk mempertahankan
diri agar tetap dapat menjadi anggota MA Nurul Falah, adanya kemauan untuk
berusaha keras sebagai bagian dari MA Nurul Falah. Peran guru honorer sebagai
Informator, organisator, motivator, fasilitator dan evaluator. Faktor pendukung guru
honorer dalam meningkatkan prestasi siswa yaitu, Lingkungan madrasah yang
nyaman dan kondusif, adanya kepercayaan yang diberikan kepada guru honorer
dalam menyelesaikan tugasnya, hubungan yang harmonis antara guru PNS dan guru
honorer, Kepala Madrasah tidak membedakan perlakuan antara guru PNS dan guru
honorer, adanya apresiasi dan penghargaan kepada guru honorer, adanya keadilan dan
dukungan yang dirasakan oleh guru honorer, pelibatan kerja. Faktor penghambat guru
honorer dalam meningkatkan prestasi siswa yaitu, Sarana dan prasarana yang belum
memadai, kuranganya tenaga pendidik , akses jaringan interenet yang belum
memadai, keterbatasan anggaran lembaga.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | Komitmen Guru Honorer, Prestasi Siswa |
Uncontrolled Keywords: | Komitmen Guru Honorer, Prestasi Siswa |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email Amnaa |
Date Deposited: | 17 Nov 2023 02:37 |
Last Modified: | 17 Nov 2023 02:37 |
URI: | http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/545 |
Actions (login required)
View Item |