HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA DI KELAS V SD NEGERI 3 LEMBO KABUPATEN KONAWE UTARA

Winda, :18010104075., W (2023) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA DI KELAS V SD NEGERI 3 LEMBO KABUPATEN KONAWE UTARA. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until 27 November 2023.

Download (3MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Winda, NIM:18010104075. Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Hasil
Belajar IPA Siswa di Kelas V SD Negeri 3 Lembo Kabupaten Konawe Utara,
Pembimbing: Aliwar S.Ag, M,Pd., Rosmini S.Si, M.Pd

Motivasi belajar adalah segala sesuatu yang ditujukan untuk mendorong
atau memberikan semangat kepada seseorang yang melakukan kegiatan belajar.
Motivasi belajar berperan penting dalam memberikan gairah, semangat dan rasa
senang dalam belajar. Oleh karena itu, motivasi belajar yang dimiliki oleh siswa
sangat menentukan tingkat keberhasilan atau gagalnya proses belajar siswa
tersebut. Hasil belajar merupakan apa yang dicapai oleh siswa setelah melalui
kegiatan belajar. Apa yang dicapai tersebut bisa berupa kemampuan-kemampuan,
baik yang berkenaan dengan aspek pengetahuan, sikap, maupun keterampilan
yang dimiliki oleh siswa setelah mereka menerima pengalaman belajarnya. Siswa
SD Negeri 3 Lembo diketahui memiliki motivasi belajar yang rendah dan hasil
belajar siswa rendah.

Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan sifat penelitian
adalah korelasi atau hubungan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V
dengan jumlah 20 siswa. Anggota sampel dalam penelitian ini sebanyak 20 siswa
yang dipilih dengan menggunakan teknik Sampling jenuh. Teknik pengumpul
data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket dan dokumentasi. Teknik
analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi Product Moment.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa sebanyak 8 siswa atau 40%
siswa memiliki motivasi belajar rendah dan terdapat 11 siswa atau 55% dari 20
siswa yang hasil belajarnya tergolong rendah. Adanya hubungan antara motivasi
belajar dengan hasil belajar dibuktikan dengan diperolehnya harga rxy sebesar (rxy)
0,821 yang berada pada kategori kuat. Kemudian dilakukan uji t, dan diperoleh
harga thitung>ttabel = 6,067 > 2,101, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini
menunjukkan bahwa “Ada hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar
mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 3 Lembo kabupaten konawe utara”

Kata kunci: Hubungan Motivasi Belajar, Hasil Belajar, IPA

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Hubungan Motivasi Belajar, Hasil Belajar, IPA
Uncontrolled Keywords: Hubungan Motivasi Belajar, Hasil Belajar, IPA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: iainkdi PERPUSTAKAAN IAIN KENDARI
Date Deposited: 27 Nov 2023 05:17
Last Modified: 27 Nov 2023 05:18
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/652

Actions (login required)

View Item View Item