IMPLEMENTASI NILAI-NILAI SILA KE-5 PANCASILA DALAM PROSES PEMBELAJARAN TEMATIK DI SDN ASOLU KAB. KONAWE

Harniatin. Tomalili 18010104041., H (2023) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI SILA KE-5 PANCASILA DALAM PROSES PEMBELAJARAN TEMATIK DI SDN ASOLU KAB. KONAWE. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
skripsi harni 3_COVER_1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
skripsi harni 3_BAB I_2.pdf

Download (3MB)
[img] Text
skripsi harni 3_BAB II_3.pdf

Download (3MB)
[img] Text
skripsi harni 3_BAB III_4.pdf

Download (3MB)
[img] Text
skripsi harni 3_BAB IV_5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
skripsi harni 3_BAB V_6.pdf

Download (3MB)
[img] Text
skripsi harni 3_DAPUS & LAMPIRAN_7.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Harniatin. Tomalili 18010104041. Implementasi Nilai-Nilai Sila Ke-5
Pancasila Dalam Proses Pembelajaran Tematik Di SD Negeri Asolu. Kab.
Konawe Dibimbing oleh: Dr. H Yahya Obaid M.Ag dan Sufiani M.Pd.I.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran
tematik dan bagaimana cara guru mengimplementasikan nilai-nilai sila ke-5
Pancasila pada proses pembelajaran tematik di SD Negeri Asolu. Jenis penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Informan dalam penelitian ini yaitu wali kelas 3 peserta didik kelas 3 yang terdiri
dari 7 orang. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan model Milles
dan Huberman, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran tematik di SDN Asolu
telah di laukakun dengan baik dimana wali kelas 3 sebelum melakukan kegiatan
proses belajar, selalu menyuruh mereka untuk membersihkan kelas terlabih
dahulu selain itu wali kelas 3 juga tidak lupa untuk menanyakan kabar serta
mengajak peserta didik kelas 3 untuk berdoa. Sedangkan cara guru itu sendiri
implementasi nilai-nilai sila ke-5 Pancasila dalam proses pembelajaran tematik di
SD Negeri Asolu Kab Konawe, sudah berlangsung dengan baik hal ini disebabkan
dengan melihat beberapa peserta didik yang saling berkolaborasi dengan wali
kelas dengan mengajarkan mereka untuk selalu membantu teman, menghargai
pendapat orang lain serta berusaha untu mengerjakan tugas sendiri. baik itu di
lingkungan sekolah maupun di lingkungan keluarga, sehingga SD Negeri Asolu
dapat dikatakan telah mengimplementasikan nilai-nilai sila ke-5 Pancasila.
Kata Kunci: Pelaksanaan pembelajaran tematik, Implementasi nilai-nilai sila
ke-5 Pancasila.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pelaksanaan pembelajaran tematik, Implementasi nilai-nilai sila ke-5 Pancasila
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan pembelajaran tematik, Implementasi nilai-nilai sila ke-5 Pancasila
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: iainkdi PERPUSTAKAAN IAIN KENDARI
Date Deposited: 20 Jul 2023 01:13
Last Modified: 20 Jul 2023 01:13
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/205

Actions (login required)

View Item View Item