ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERILAKU SISWA KELAS V MIN 2 KONAWE SELATAN KAB. KONAWE SELATAN

SAWITRIANI (19010104037), S (2023) ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERILAKU SISWA KELAS V MIN 2 KONAWE SELATAN KAB. KONAWE SELATAN. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Sawitriani. S. NIM. 19010104037. Analisis Dampak Penggunaan Gadget
Terhadap Perilaku Siswa Kelas V MIN 2 Konawe Selatan Kab. Konawe
Selatan. Dibimbing Oleh: Dra. Marlina M. Pd,I dan Drs. Marzuki, MA.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Sikap orang tua terhadap
penggunaan gadget di rumah, 2) Sikap guru terhadap penggunaan gadget di
sekolah, 3) Dampak penggunaan gadget terhadap perilaku siswa di kelas V MIN 2
Konawe Selatan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Tekhnik analisis data
pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan
atau verifikasi. Dan tekhnik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu yang
pertama observasi, kedua wawancara dan yang ketiga dokumentasi. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Sikap orang tua terhadap penggunaan
gadget di rumah, adalah pertama pemberian gadget yang dimana orang tua
memberikan anaknya gadget untuk membantunya dalam proses pembelajaran di
sekolah, kedua batasan waktu penggunaan gadget dan batasan waktu yang
dimaksud yaitu orang tua membatasi anak mereka dalam menggunakan gadget
agar tidak kecanduan. ketiga menemani anak ketika menggunakan gadget yang
dimaksud dalam menemani yaitu orang tua menemani atau mengontrol anak
mereka ketika menggunakan gadget agar tidak membuka atau melihat yang tidak
seharusnya mereka lihat yang bukan sesuai seusianya. 2) Sikap guru terhadap
penggunaan gadget di sekolah, yang pertama pengawasan guru yaitu guru harus
mengawasi siswa ketika mereka belajar menggunakan gadget, kedua upaya guru
dalam mengoptimalkan penggunaan gadget disekolah yaitu guru memaksimalkan
siswa untuk menggunakan gadget pada proses pembelajaran, seperti mencari
materi, 3) Dampak penggunaan gadget terhadap perilaku siswa di kelas V MIN 2
Konawe Selatan. Terbagi menjadi dua pertama dampak negative adalah perilaku
individu seperti siswa bermalas-malasan pada saat proses pembelajaran dan
perilaku sosial seperti kurangnya interaksi siswa terhadap lingkungan sekitar.
Kedua dampak positif adalah mempermudah siswa dalam proses pengerjaan
tugas.
ABSTRACT
Sawitriani., S., NIM. 19010104037. Analysis of the Impact of Gadget Use on
the Behavior of Class V MIN 2 South Konawe Students, South Konawe
District. Supervised by: Dra. Marlina M. Pd,I and Drs. Marzuki, MA.
This study aims to find out: 1) Parents' attitudes towards the use of gadgets at
home, 2) Teachers' attitudes towards the use of gadgets at school, 3) The impact
of gadget use on student behavior in class V MIN 2 South Konawe. This
research is qualitative research. Data analysis techniques in this study are data
reduction, data presentation, and conclusion drawing or verification. And the data
collection techniques in this study are the first observation, the second interview
and the third documentation. The results of this study show that: 1) The attitude
of parents towards the use of gadgets at home, is the first provision of gadgets
where parents give their children gadgets to help them in the learning process at
school, both the time limit of gadget use and the time limit in question is that
parents limit their children in using gadgets so as not to get addicted. Third,
accompany children when using the gadget in question in accompanying, namely
parents accompany or control their children when using gadgets so as not to
open or see what they should not see that is not appropriate for their age. 2) The
teacher's attitude towards the use of gadgets in schools, the first is teacher
supervision that is, teachers must supervise students when they learn to use
gadgets, The second effort of teachers in optimizing the use of gadgets in
schools is that teachers maximize students to use gadgets in the learning process,
such as finding material, 3) The impact of using gadgets on student behavior in
class V MIN 2 South Konawe. Divided into two, the first negative impact is
individual behavior such as students lazing during the learning process and social
behavior such as lack of student interaction with the surrounding environment.
The second positive impact is to make it easier for students in the process of doing
assignments.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Gadget, perilaku siswa
Uncontrolled Keywords: Gadget, perilaku siswa
Subjects: 000 Kelas Umum
100 Filsafat Dan Psikologi
700 Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
Pendidikan
Kinerja Guru
Teknologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Unnamed user with email Amnaa
Date Deposited: 29 Nov 2023 06:47
Last Modified: 29 Nov 2023 06:47
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2122

Actions (login required)

View Item View Item