PENANAMAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI MIN 2 KONAWE SELATAN

ILMAYANTI (19010104053), I (2023) PENANAMAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI MIN 2 KONAWE SELATAN. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
SAMPUL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
ILMAYANTI. NIM. 19010104053. “Penanaman Nilai Pendidikan Karakter
Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV di MIN 2 Konawe selatan”.
Dibimbing oleh : Dr. Moh Yahya Obaid M.Ag & Dra. Marlina M.Pd.I
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran nilai karakter
kelas IV yang ada di MIN 2 Konawe Selatan, untuk mengetahui penanaman nilai
pendidikan karakter pada pembelajaran tematik kelas IV dan hambatan yang
dihadapi guru dalam menanamkan nilai karakter. Penelitian ini menggunakan
metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan
data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa gambaran nilai karakter yang terdapat di MIN 2 Konawe
selatan sudah diintegrasikan sesuai dengan nilai-nilai karakter yang sudah
berkembang dengan memberikan contoh dan mendidik siswa untuk melakukan
perbuatan-perbuatan yang positif. Nilai karakter yang terdapat pada siswa yaitu
karakter religius, disiplin, jujur, peduli lingkungan, kerja sama, sopan santun
peduli sosial, percaya diri, rasa ingin tahu dan bertanggung jawab, walaupun
karakter tersebut belum maksimal dilakukan oleh siswa. Sementara itu,
Penanaman nilai karakter pada siswa dalam pembelajaran tematik kelas IV di
MIN 2 Konawe Selatan sudah diterapkan oleh guru melalui pembiasaan,
pemberian motivasi, pemberian nasehat, pemberian hukuman, pemberian
penghargaan, metode diskusi dan keteladanan yang diterapkan dalam proses
pembelajaran. Hambatan yang dihadapi guru adalah keterbatasan media
pembelajaran serta adanya faktor keluarga.
]
ABSTRACT
ILMAYANTI. NIM. 19010104053. “Instilling Student Character Education
Values in Class IV Thematic Learning at State Elementary School 2 South
Konawe”. Dibimbing oleh : Dr. Moh Yahya Obaid M.Ag & Dra. Marlina
M.Pd.I
The purpose of this study was to find out the description of class IV
character values in state Elementary School 2 South Konawe, to find out the
inculcation of character education values in thematic learning in class IV and the
obstacles faced by teachers in instilling character values. This study uses a
qualitative method with a qualitative descriptive approach. Data collection
techniques through observation, interviews and documentation. The results of this
study indicate that the description of character values contained in state
Elementary School 2 South Konawe has been integrated in accordance with the
character values that have developed by giving examples and educating students
to do positive actions. The character values found in students are religious
character, discipline, honesty, care for the environment, cooperation, courtesy,
social care, self-confidence, curiosity and responsibility. Meanwhile, the
cultivation of character values that are instilled in students in class IV thematic
learning at state elementary School 2 South Konawe, has been implemented by
teachers through habituation, giving motivation, giving advice, giving
punishment, giving awards, discussion methods and exemplary which are applied
in the learning process. The obstacles faced by teachers are the limitations of
learning media and the presence of family factors.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pendidikan karakter, pembelajaran tematik, nilai karakter
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter, pembelajaran tematik, nilai karakter
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Unnamed user with email Amnaa
Date Deposited: 30 Nov 2023 06:20
Last Modified: 30 Nov 2023 06:20
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2130

Actions (login required)

View Item View Item