MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI SD NEGERI 7 TALAGA RAYA KEC. TALAGA RAYA KAB. BUTON TENGAH

YUSRAH HADI 17010104072, Y (2023) MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI SD NEGERI 7 TALAGA RAYA KEC. TALAGA RAYA KAB. BUTON TENGAH. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until 6 December 2023.

Download (1MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI YUSRAN HADI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Yusrah Hadi. NIM. 17010104072 “Motivasi belajar peserta didik dalam proses
pembelajaran di masa pandemic SD Negeri 7 Talaga Raya Kec. Talaga Raya
Kab. Buton Tengah”. Dibimbing oleh: Dr. Samrin M.Pd. dan Rasmi S.Ag M.SI
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui proses pembelajaran yang
dilakukan selama pandemi SD Negeri 7 Talaga Raya. Untuk mengetahui motivasi
belajar peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran dimasa pandemi di SD
Negeri 7 Talaga Raya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif.
Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan
dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahapan-tahapan reduksi data,
penyajian data dan mengambil kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan melalui
peningkatan ketekunan, dan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukan
bahwa: 1) Proses pembelajaran selama pandemi di SDN 7 Talaga Raya yaitu
dengan menerapkan proses pelaksanaan pembelajaran seperti metode ceramah
karena bisa membangun interaksi antara guru dan peserta didik, Untuk diskusi
atau kelompok guru kelas IV itu tidak memakainya setiap hari namun mereka
sering menggunakannya karena dengan penerapan metode diskusi atau kelompok
ini bisa membangkitkan dan meningkatkan motivasi belajar, dan Guru jarang
menggunakan media pembelajaran, karena keterbatasan waktu dan tenaga, dan
yang guru sering gunakan itu buku paket dan LKS saja. 2) Motivasi belajar yang
peneliti maksud dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode
pembelajaran yang bervariasi ada peningkatan yang signifikan dalam aspek
motivasi belajar peserta didik yaitu guru memberikan dorongan dalam kegiatan
pembelajaran kepada peserta didik yang masih pasif supaya menjadi lebih aktif,
Membangkitkan minat belajar peserta didik dengan cara mengaitkan pengalaman
belajar terhadap pelajaran agar peserta didik semangat dalam belajar dan rasa
ingin tahunya bertambah, dan Guru juga memberikan pujian disetiap usaha
peserta didik agar peserta didik itu merasa dihargai dan termotivasi.

Kata Kunci: Proses pembelajar, motivasi belajar peserta didik

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Proses pembelajar, motivasi belajar peserta didik
Uncontrolled Keywords: Proses pembelajar, motivasi belajar peserta didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Unnamed user with email Amnaa
Date Deposited: 06 Dec 2023 05:23
Last Modified: 06 Dec 2023 05:23
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2217

Actions (login required)

View Item View Item