PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SDN 13 KOLONO

Arwilda. 19010104065, A (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SDN 13 KOLONO. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (364kB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (509kB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (561kB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until 6 December 2023.

Download (1MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (234kB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (349kB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)
[img] Text
SKRIPSI ARWILDA.pdf

Download (6MB)

Abstract

Arwilda. Nim. 19010104065. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Student Team Achievement Division (STAD) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar
Matematika Siswa Kelas V Di SD Negeri 13 Kolono. Dibimbing oleh: Dr. Abdul
Kadir M.Pd dan Muhammad Syarwa Sangila S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang
bertujuan: 1) untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dalam meningkatkan
hasil belajar. 2) untuk mengetahui dapat tidaknya model pembelajaran kooperatif
tipe Student Team Achievement Division (STAD) meningkatkan hasil belajar
Matematika pada siswa kelas V di SDN 13 Kolono. Penelitian ini dilaksanakan
dalam 2 siklus yang masing-masing siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan,
pada siswa kelas V semester Genap tahun ajaran 2022/2023. Dengan prosedur
penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, refleksi.
Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara dan
dokumentasi yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan
bahwa: 1) Pelaksanaan pembelajaran matematika di SDN 13 Kolono dengan
menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement
Division (STAD) berjalan dengan baik sesuai dengan perencanaan yang telah
disiapkan dengan mengacu pada langkah-langkah model pembelajaran kooperatif
tipe Student Team Achievement Division (STAD). 2) Hasil belajar siswa pada
siklus I dalam kategori baik dengan persentase ketuntasan 61,54% dengan rata�rata sebesar 71,92 dan meningkat pada siklus II degan kategori sangat baik yaitu
persentase ketuntasan 84,62% dengan rata-rata 86,54. Sehingga dapat dikatakan
bahwa hasil belajar siswa dapat ditingkatkan melalui penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD).
Kata Kunci: Student Team Achievement Division (STAD), Hasil Belajar
Matematika

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Student Team Achievement Division (STAD), Hasil Belajar Matematika.
Uncontrolled Keywords: Student Team Achievement Division (STAD), Hasil Belajar Matematika.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Unnamed user with email Amnaa
Date Deposited: 06 Dec 2023 05:30
Last Modified: 06 Dec 2023 05:30
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2219

Actions (login required)

View Item View Item