PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI LINGKUNGAN SEKOLAH SDN 1 SAMAENRE, KECAMATAN WOLO, KABUPATEN KOLAKA

MUTAHARA : 17010101060, M (2023) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI LINGKUNGAN SEKOLAH SDN 1 SAMAENRE, KECAMATAN WOLO, KABUPATEN KOLAKA. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (4MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (4MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until 6 December 2023.

Download (3MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Mutahara, NIM. 17010101060, Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam
Pembinaan Akhlak Siswa di Lingkungan Sekolah SDN 1 Samaenre,
Kecamatan Wolo, Kabupaten Kolaka. Dibimbing oleh: Dr. Masdin M. Pd
dan Raehang S. Ag, M. Pd.I
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) gambaran akhlak siswa SDN
1 Samaenre, dan 2) peran guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlak
siswa dilingkungan sekolah SDN 1 Samaenre Kecamatan Wolo Kabupaten
Kolaka. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Tehnik pengumpulan data
dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dalam
penelitian ini dilakuan terhadap guru pendidikan agama Islam, dan siswa. Teknik
analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan
kredibilitas yang meliputi: triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulsi
waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) akhlak siswa di SDN 1
Samaenre dikategorikan cukup baik, hal ini dapat dilihat dari; a) Akhlak kepada
Allah, yaitu siswa selalu bersyukur dan berdoa kepada Allah, menghafal niat dan
bacaan sholat, menghafal surah-surah pendek dan siswa mempraktekkan sholat. b)
Akhlak kepada sesama manusia, yaitu siswa berprilaku baik kepada sesama
seperti bersalaman ketika bertemu guru, dan saling tolong menolong. c) Akhlak
kepada alam/lingkungan yaitu siswa melakukan kerja bakti setiap hari Sabtu dan
mengerjakan piket harian di kelas, serta membuang sampah pada tempatnya. 2)
Peran guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa di lingkungan
sekolah SDN 1 Samaenre adalah; a) Guru sebagai pengajar yaitu menguasai
materi pembelajaran dan menyampaikan materi dengan baik kepada siswa serta
menggunakan metode yang bervariasi; b) Guru sebagai pembimbing yaitu guru
menanamkan sikap jujur, menghormati orang lain, dan saling menghargai; c)
Guru sebagai contoh/teladan yaitu memberikan contoh kebaikan kepada siswa
seperti makan dan minum tidak berdiri atau berjalan, membuang sampah pada
tempatnya, berpakaian rapi dan disiplin; d) Membiasakan akhlak yang baik yaitu
menerapkan 3S (Senyum, Sapa dan Salam), bersalaman dengan guru dan
mengucapkan salam; e) pemberian motivasi/dorongan yaitu memberikan motivasi
kepada siswa dengan menceritakan kisah-kisah Nabi dan memberikan motivasi
kepada siswa dengan memberi pujian, ancungan jempol dan tepuk tangan; f) guru
sebagai penasehat yaitu, guru memberikan nasehat di akhir pembelajaran, guru
juga memberi nasehat kepada siswa yang nakal seperti berkelahi atau mengejek
temannya.
Kata Kunci: Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Pembinaan Akhlak

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Pembinaan Akhlak
Uncontrolled Keywords: Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Pembinaan Akhlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email Amnaa
Date Deposited: 06 Dec 2023 06:49
Last Modified: 06 Dec 2023 06:49
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2234

Actions (login required)

View Item View Item