STRATEGI PEMASARAN PEDAGANG DALAM MENARIK MINAT BELI KONSUMEN (STUDI KASUS DI PASAR TOMPANO KECAMATAN PASIR PUTIH KABUPATEN MUNA

SULFIANTI 19050101118, S (2023) STRATEGI PEMASARAN PEDAGANG DALAM MENARIK MINAT BELI KONSUMEN (STUDI KASUS DI PASAR TOMPANO KECAMATAN PASIR PUTIH KABUPATEN MUNA. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (738kB)
[img] Text
2. Bab 1.pdf

Download (23kB)
[img] Text
3. Bab 2.pdf

Download (440kB)
[img] Text
4. Bab 3.pdf

Download (19kB)
[img] Text
5. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only until 8 December 2023.

Download (999kB)
[img] Text
6. Bab 5.pdf

Download (12kB)
[img] Text
7. Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. Lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Jurnal.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf

Download (4MB)

Abstract

Sulfianti, Nim: 19050101118. Strategi Pemasaran Pedagang dalam Menarik
Minat Beli Konsumen (Studi Kasus di Pasar Tompano Kabupaten Muna). Di
bimbing oleh Alfian Toar dan Adzil Arsyi Sabana Program Studi Ekonomi
Syariah 2023
Perkembangan di sektor teknologi maupun ekonomi yang terus meningkat
mengharuskan para pelaku bisnis untuk terus berinovasi untuk mempertahankan
posisinya, tidak terkecuali pelaku bisnis di pasar tradisional. Pedagang harus
mampu menerapkan strategi pemasaran dengan tepat untuk menarik minat beli
konsumen agar mampu bertahan diantara banyaknya pesaing.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran pedagang
dalam menarik minat beli konsumen di pasar Tompano, strategi pemasaran
pedagang dalam menarik minat beli konsumen di pasar Tompano dalam
perspektif ekonomi islam dan strategi pemasaran yang diterapkan pedagang
mempengaruhi tingkat pendapatan pedagang.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kualitatif dengan menggunkan pendekatan deskriptif analisis. Dalam
pengumpulan datanya penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara
dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode
kualitatif, yang dimaksudkan untuk mendeskripsikan situasi atau kondisi yang
bersifat fakta.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pedagang di pasar Tompano telah
menerapkan marketing mix 4P yakni produk (product), harga (price), tempat
(place), serta promosi (promotion) dalam menarik minat beli konsumen.
Pedagang di pasar Tompano dapat dengan mudah memilih sasaran pasar dalam
menawarkan produk, yang didasari empat indikator utama, yakni produk yang
dijual adalah produk yang berkualitas, penetapan harga yang diberikan cukup
murah sesuai dengan harga pasar dan terjangkau bagi pembeli, tempat yang
strategis, bersih, nyaman dan promosi yang digunakan menggunkan penjualan
perorangan dan pemasaran secara langsung. Strategi pemasaran yang diterapkan
pedagangan sangat mempengaruhi pendapatan pedagang. Tingkat pendapatan
pedagang di pasar Tompano rata-rata Rp. 1.461.750 dan semua data besaran R>C
Ratio>1 yang berarti usaha yang dijalankan pedagang di pasar Tompano
mengalami keuntungan. Strategi pedagang di pasar Tompano ditinjau dalam
perspektif ekonomi islam sudah sesuai dengan syariat islam dari segi produk,
harga, tempat dan promosi. Sudah sesuai dengan karakteristik pemasaran syariah
yaitu ketuhanan, etis, realistis dan humanistis serta tidak melakukan jenis
transaksi yang tidak sesuai dengan syariat Islam seperti tadlis, gharar, riba dan
ikhtikar.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Pedagang, Minat Beli Konsume

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Strategi Pemasaran, Pedagang, Minat Beli Konsumen
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Pedagang, Minat Beli Konsumen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email Amnaa
Date Deposited: 08 Dec 2023 06:11
Last Modified: 08 Dec 2023 06:11
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2299

Actions (login required)

View Item View Item