KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DI MIN 2 KONAWE SELATAN

Nining. 18010110030, N (2023) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DI MIN 2 KONAWE SELATAN. Diploma thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI NINING.pdf

Download (3MB)

Abstract

Nining. 18010110030. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa
di MIN 2 Konawe Selatan. Dosen Pembimbing I Imaludin Agus, M.Pd dan
Pembimbing II Muh. Syarwa Sangila, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah
matematika siswa berdasarkan langkah-langkah Polya yang dimana tahapan
pemecahan masalah Polya terdiri dari, memahami masalah, merencanakan
penyelesaian, menyelesaikan masalah, dan melihat kembali. Jenis penelitian ini
adalah kualitatif. Subjek penelitian siswa kelas V MIN 2 Konawe Selatan.
Pengambilan subjek melalui tes soal pecahan dan diambil sebanyak 6 subjek
penelitian, yaitu 2 subjek dari kategori tinggi, 2 subjek dari kategori sedang, dan 2
subjek dari kategori rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,
dokumentasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Tahap
memahami masalah hanya sebagian siswa yang telah mampu menuliskan
permasalahan yang ada dalam soal, (2) Tahap merencanakan penyelesaian hanya
sebagian siswa yang dapat merencanakan penyelesaian walaupun belum tepat, (3)
Tahap menyelesaikan masalah sebagian siswa telah dapat menyelesaikan soal
dengan benar, namun sebagian lagi masih melakukan kesalahan dalam
menyelesaikan soal tersebut, (4) Tahap memeriksa kembali beberapa siswa
mampu membuat kesimpulan dan beberapa diantaranya belum mampu untuk
membuat kesimpulan.
Kata Kunci :Kemampuan pemecahan Masalah Matematika
Nining. 18010110030. Students mathematical problem solving abilities at
MIN 2 Konawe Selatan. Supervisor I Imaludin Agus, M.Pd and supervisor
II Muh. Syarwa Sangila, S.Pd, M.Pd.
This study aims to analyze students’ mathematical problem solving abilities based
onpolya steps, where the Polya problem solving stages consist of anderstending
the problem, planning a solution, solving the problem, and looking back. This
type of research is qualitative. The subjects in this study were students of class V
MIN 2 Konawe Selatan. Subjects were taken through fractional test guestions and
6 research subjects were taken, namely 2 high category subjects, 2 medium
category subjects, and to low category subjects. files collection techniques,
observation, tests, interview, and documentation. The results of this study are (1)
The stage of understanding the problem only some students have been able to
write down the problems in the problem, (2) The panning stage for completion
only some studens can plan for completion, (3) The stage for solving problems
somes students have been able to solve the problem correctly, but some steel
make mistakes in solving the problem, (4) Lookin back stages some students
make conclusions and some of them have not been able to make conclusions.
Keywords : Students’ Mathematical Problem Solving Ability

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Kata Kunci :Kemampuan pemecahan Masalah Matematika Keywords : Students’ Mathematical Problem Solving Ability
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci :Kemampuan pemecahan Masalah Matematika Keywords : Students’ Mathematical Problem Solving Ability
Subjects: 500 Ilmu-Ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika > 510.72 Metode Riset
Pendidikan
Kinerja Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Matematika
Depositing User: iainkdi PERPUSTAKAAN IAIN KENDARI
Date Deposited: 05 Feb 2024 06:01
Last Modified: 05 Feb 2024 06:01
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2451

Actions (login required)

View Item View Item