PENGARUH MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 2 KENDARI

Utsman, NIM: 19010101058, U (2023) PENGARUH MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 2 KENDARI. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (4MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (4MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf

Download (4MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Utsman, NIM: 19010101058. Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa
Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK Negeri 2 Kendari
Dibimbing Oleh: Dr. Mansyur, M.Pd dan Ibu Hilda Ayu Melvi Amalia, S.Si.,
M.Sc
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi tehadap hasil
belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X semester
genap tahun ajaran 2022/2023 di SMK Negeri 2 Kendari. Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey dengan
pendekatan studi korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas X di SMK Negeri 2 Kendari semester genap tahun ajaran 2022/2023 yang
berjumlah 507 siswa. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 82
sampel. Teknik pengumpulan data yang diigunakan pada penelitian ini
menggunakan wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan yaitu teknis analisis statistik deskriptif: uji prasyarat (uji normalitas)
dan uji hipotesis penelitian.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) motivasi
belajar siswa di SMK Negeri 2 kendari dengan nilai rata-rata sebesar 73,43
dengan jumlah siswa 56 = 69,51% berada pada kategori sedang, 2) hasil belajar
siswa di SMK Negeri 2 Kendari dengan nilai rata-rata sebesar 70,99 dengan
jumlah siswa 47 = 57,32% berada pada kategori tidak tuntas. 3) motivasi belajar
berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam di SMK Negeri 2 Kendari. Nilai signifikansi sebesar 0,000 > 0,05
sedangkan nilai t hitung sebesar 4,400 > t tabel 1,990 sehingga dapat disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 2 Kendari. Besarnya
kontribusi variabel motivasi belajar sebesar 19,5%, sedangkan sisanya sebesar
80,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Motivasi, hasil belajar, SMK Negeri 2 Kendari

ABSTRACT
Utsman, NIM: 19010101058. The Influence of Motivation on Student Learning
Outcomes in Islamic Religious Education Subjects at SMK Negeri 2 Kendari
Supervised by: Dr. Mansyur, M.Pd and Mrs. Hilda Ayu Melvi Amalia, S.Sc.,
M.Sc
This research aims to determine the influence of motivation on student learning
outcomes in the Islamic Religious Education subject class X even semester of the
2022/2023 academic year at SMK Negeri 2 Kendari. This research is quantitative
research using survey methods with a correlational study approach. The
population in this study were all class X students at SMK Negeri 2 Kendari, even
semester of the 2022/2023 academic year, totaling 507 students. The samples used
in this research were 82 samples. The data collection techniques used in this
research used interviews, questionnaires and documentation. The data analysis
technique used is descriptive statistical analysis technique: prerequisite test
(normality test) and research hypothesis test. The results of the research show
that: 1) student learning motivation at SMK Negeri 2 Kendari with an average
score of 73.43 with a total of 56 students = 69.51% are in the medium category, 2)
student learning outcomes at SMK Negeri 2 Kendari with an average score of
70.99 with a total of 47 students = 57.32% are in the incomplete category. 3)
learning motivation influences student learning outcomes in Islamic Religious
Education subjects at SMK Negeri 2 Kendari. The significance value is 0.000 >
0.05, while the calculated t value is 4.400 > t table 1.990, so it can be concluded
that there is an influence of learning motivation on student learning outcomes in
Islamic Religious Education subjects at SMK Negeri 2 Kendari. The contribution
of the learning motivation variable was 19.5%, while the remaining 80.5% was
influenced by other factors not examined in this research.
Keywords: Motivation, learning outcomes, SMK Negeri 2 Kendari

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Motivasi, hasil belajar, SMK Negeri 2 Kendari
Uncontrolled Keywords: Motivasi, hasil belajar, SMK Negeri 2 Kendari
Subjects: 200 Agama > 207.5 Pendidikan Keagamaan, Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with username fajar
Date Deposited: 13 Mar 2024 01:57
Last Modified: 15 Mar 2024 01:34
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2490

Actions (login required)

View Item View Item