PENGARUH PENGGUNAAN GADGET DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Susi Susanti NIM. 19010110015, S (2023) PENGARUH PENGGUNAAN GADGET DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
1.COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2.BAB I.pdf

Download (627kB)
[img] Text
3.BAB II.pdf

Download (649kB)
[img] Text
4.BAB III.pdf

Download (888kB)
[img] Text
5.BAB IV.pdf

Download (802kB)
[img] Text
6.BAB V.pdf

Download (529kB)
[img] Text
7.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (768kB)
[img] Text
8.LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Susi Susanti NIM. 19010110015. “Pengaruh Penggunaan Gadget Dan
Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Terhadap Hasil Belajar Siswa.”
Dibimbing oleh: Muhammad Syarwa Sangila, S.Pd., M.Pd dan Amanda La
Hadi, M.Pd
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui pengaruh penggunaan
gadget dan kemampuan berpikir kritis matematis secara bersama-sama terhadap
hasil belajar siswa; (2) mengetahui pengaruh penggunaan gadget terhadap hasil
belajar siswa; (3) mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kritis matematis
terhadap hasil belajar siswa. Penggunaan gadget adalah kekuatan yang timbul dari
seseorang dalam menggunakan serta memanfaatkan gadget sesuai dengan
kebutuhannya dalam memenuhi dan menunjang aktivitasnya sehari-hari agar lebih
fleksibel, efisien, dan berkualitas. Kemampuan berpikir kritis matematis adalah
menyimpulkan apa yang diketahui, mengetahui cara menggunakan informasi
untuk memecahkan suatu permasalahan dan mampu mencari sumber informasi
yang relevan sebagai pendukung pemecahan masalah dalam pembelajaran
matematika. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan metode expost

facto. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP
Negeri 4 Kendari yang berjumlah 405 siswa sedangkan sampel berjumlah 80
siswa. Teknik pengumpulan data melalui angket tertutup dengan skala likert, dan
dokumentasi. Teknik analisis data meliputi: (1) uji instrumen, terdiri dari uji
validitas dan reliabilitas. (2) Uji prasyarat penelitian, terdiri dari uji normalitas,
linearitas, heterokestisitas, uji autokorelasi, dan uji multikolinearitas. (3) Uji
hipotesis, terdiri dari uji regresi linear berganda, uji secara simultan dan uji secara
parsial. Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara
penggunaan gadget dan kemampuan berpikir kritis matematis secara bersamasama

terhadap hasil belajar siswa; (2) tidak terdapat pengaruh yang signifikan
antara penggunaan gadget terhadap hasil belajar siswa dan (3) terdapat pengaruh
yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis matematis terhadap hasil belajar
siswa.

Kata kunci: Penggunaan Gadget, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Hasil Belajar Siswa

ABSTRACT
Susi Susanti NIM. 19010110015. “The Effect of Gadget Use and
Mathematical Critical Thinking Abilities on Student Learning Outcomes.”
Supervised by: Muhammad Syarwa Sangila, S.Pd., M.Pd dan Amanda La
Hadi, M.Pd
This study aimed (1) to determine the effect of using gadgets and critical
mathematical thinking skills on student learning outcomes, (2) to determine the
effect of gadget use on student learning outcomes, (3) to determine the influence of
critical mathematical thinking skills on student learning outcomes. The using of
gadget is a strength that arises from people using and utillizing gadgets according to
their needs in fulfilling and supporting their daily activities so that it can be more
flexible, efficient and have a high quality. Mathematical critical thinking skills are
concluding what is known, knowing how to use information to solve a problem and
being able to find relevant sources of information to support problem solving in
mathematics learning. This study applied quantitative with an ex-post facto method.
The population of this study were all students in class VIII students at SMP Negeri
4 Kendari, totaling 405 students, while the sample were 80 students. The data
collection techniques were using closed questionnaire with a likert scale, and
documentation. Data analysis techniques included (1) instrument testing, consisting
of validity and reliability tests (2) research prerequisite tests, consisting of normality,
linearity, heterocysticity, autocorrelation test and multicollinearity test (3)
Hypothesis tests, consiting of multiple linear regression tests, simultaneous tests and
partial tests. The study revealed that: (1) there was a significant influence between
the use of gadgets and critikal mathematical thinking skills together on student
learning outcomes, (2) there was no significant influence between the use of gadgets
on student learning outcomes and (3) there was a significant influence between
mathematical critical thinking skills on student learning outcomes.
Keywords: Gadget Use, Mathematical Critical Thinking Ability. Student
Learning Outcomes.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Penggunaan Gadget, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Hasil Belajar Siswa
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Gadget, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Hasil Belajar Siswa
Subjects: 500 Ilmu-Ilmu Alam dan Matematika
500 Ilmu-Ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with username fajar
Date Deposited: 04 Apr 2024 06:07
Last Modified: 04 Apr 2024 06:07
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2520

Actions (login required)

View Item View Item