PENERAPAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS I MIS AR-RAHMAN SINDANGKASIH

Opin Rahma Sesar, NIM: 19010104073, O (2023) PENERAPAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS I MIS AR-RAHMAN SINDANGKASIH. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Opin Rahma Sesar, NIM: 19010104073. Penerapan Media Kartu Kata
Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Kelas I MIS ArRahman

Sindangkasih. Dibimbing oleh: Bapak Dr. Nurdin S.Ag. M. Dan
Bapak Karim M. Hum

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan (1) Untuk mengetahui
pelaksanaan media Kartu Kata Bergambar terhadap kemampuan membaca siswa
kelas I di MIS Ar-Rahman Sindangkasih. (2) Untuk mengetahui apakah media
kartu kata bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas I di
MIS Ar-Rahman Sindangkasih. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan
kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa MIS Ar-Rahman Sindangkasih
kelas IA. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan
dalam 2 siklus. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi,
evaluasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi,
tes, dan dokumentasi yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian
menunjukan bahwa Proses pelaksanaan pembelajaran bahasa indonesia dengan
menerapkan media pembelajaran kartu kata bergambar dapat dilaksanakan sesuai
dengan tahap perencanaan dan pelaksanaan yang telah disiapkan yang mengacu
pada langkah-langkah penerapan media kartu kata bergambar. Dan setelah
diterapkannya Media Kartu Kata Bergambar. Aktifitas guru dan siswa di MIS ArRahman

Sindangkasih dalam proses pembelajaran mengalami perubahan. Hasil
aktivitas guru pada siklus I pertemuan pertama sebesar 38.8% dan pada siklus I
pertemuan kedua sebesar 55.5%. Kemudian pada tindakan siklus II pada
pertemuan pertama aktivitas guru sebesar 77.7% dan pada pertemuan kedua
meningkat menjadi 88.8%. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I pertemuan
sebesar 28.58% dan pada pertemuan kedua siklus I sebesar 42.85%. Kemudian
pada tindakan siklus II pertemuan pertama sebesar 57.15% dan pada pertemuan
kedua meningkat menjadi 85.72%. Media kartu kata bergambar dapat
meningkatkan kemampuan membaca siswa di MIS Ar-Rahman Sindangkasih. Hal
ini dapat dilihat pada hasil tes yang diperoleh siswa pada pra siklus atau sebelum
dilakukannya tindakan hasil kemampuan membaca siswa sebesar 20.33% dengan
rata-rata 51.08%. kemudian setelah dilakukannya tindakan siklus I kemampuan
membaca siswa meningkat menjadi 50% dengan rata-rata sebesar 58.63%. dan
pada tindakan siklus II kemampuan membaca siswa meningkat menjadi 79.16%
dengan rata-rata 77.92%. Adapun peningkatan hasil kemampuan membaca dari
siklus I ke siklus II sebesar 32.90% dan presentase peningkatan dari prasiklus ke
siklus II sebesar 66,7%.

Kata Kunci: Penerapan, Kemampuan Membaca, Media Kartu Kata
Bergambar

ABSTRACT
Opin Rahma Sesar, NIM: 19010104073. Application of Picture Word Card
Media to Improve Reading Skills Class I MIS Ar-Rahman Sindangkasih.
Guided by: Mr. Dr. Nurdin S.Ag. M. and Mr. Karim M. Hum

This research was conducted with the aim of (1) To determine the
implementation of Picture Word Card media on the reading ability of grade I
students at MIS Ar-Rahman Sindangkasih. (2) To find out whether picture word
card media can improve the reading ability of grade I students in MIS Ar-Rahman
Sindangkasih. This study is a classroom action research. The subjects in this study
were students of MIS Ar-Rahman Sindangkasih class IA. This type of research is a
class action research carried out in 2 cycles. Research procedures include
planning, implementation, observation, evaluation and reflection. Data collection
techniques use observation, test, and documentation The activities of teachers and
students at MIS Ar-Rahman Sindangkasih in the learning process have changed.
The results of teacher activity in the first cycle of the first meeting amounted to
38.8% and in the first cycle of the second meeting amounted to 55.5%. Then in the
second cycle action at the first meeting teacher activity was 77.7% and at the
second meeting increased to 88.8%. While student activity in the first cycle of the
meeting was 28.58% and in the second meeting of the first cycle of 42.85%. Then
in the second cycle action the first meeting was 57.15% and in the second meeting
it increased to 85.72%. Picture word card media can improve students' reading
skills at MIS Ar-Rahman Sindangkasih. This can be seen in the test results
obtained by students in the pre-cycle or before the action results of students'
reading ability by 20.33% with an average of 51.08%. then after the first cycle of
actions, students' reading ability increased to 50% with an average of 58.63%.
and in the second cycle of action students' reading ability increased to 79.16%
with an average of 77.92%. The increase in reading ability results from cycle I to
cycle II was 32.90% and the percentage increase from precycle to cycle II was
66.7%.

Keywords: Application , Reading Ability, Picture Word Card Media

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Penerapan, Kemampuan Membaca, Media Kartu Kata Bergambar
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Kemampuan Membaca, Media Kartu Kata Bergambar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 303 Proses Sosial
300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar
300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Unnamed user with username fajar
Date Deposited: 04 Apr 2024 06:42
Last Modified: 04 Apr 2024 06:42
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2521

Actions (login required)

View Item View Item