PERSEPSI SISWA TERHADAP KETERAMPILAN MENGAJAR GURU BIOLOGI DI MADRASAH ALIYAH DARUL MUKHLISIN

Nisra. NIM. 18010108031., N (2023) PERSEPSI SISWA TERHADAP KETERAMPILAN MENGAJAR GURU BIOLOGI DI MADRASAH ALIYAH DARUL MUKHLISIN. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Nisra. NIM. 18010108031. Persepsi Siswa Terhadap Keterampilan Mengajar Guru
Biologi di Madrasah Aliyah Darul Mukhlisin. Dibimbing Oleh: bapak Dr. Masdin
M.Pd dan Hilda Ayu Melvi Amalia M.Sc
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui keterampilan mengajar
guru biologi. 2) Untuk mengetahui persepsi siswa terhadap keterampilan mengajar
guru biologi. 3) Untuk mengetahui dampak persepsi siswa terhadap hasil
pembelajaran tentang keterampilan mengajar guru biologi di Madrasah Aliayah Darul
Mukhlisin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode yang
bersifat deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini dibedakan menjadi dua yaitu
sumber data primer dan sumber data sekunder. Hasil dari penelitian ini menunjukkan
bahwa: 1) Keterampilan mengajar guru biologi di Madrasah Aliyah Darul Mukhlisin
dari delapan keterampilan mengajar yang sering digunakan hanya empat yaitu,
keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan menjelaskan,
keterampilan bertanya, dan keterampilan mengelola kelas. 2)Persepsi siswa terhadap
keterampilan mengajar guru biologi di Madrasah Aliyah Darul Mukhlisin
menunjukkan terdapatenam keterampilan yang masuk dalam kategori baik seperti
keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan menjelaskan,
keterampilan bertanya, keterampilan mengadakan variasi, keterampilan membimbing
diskusi kelompok kecil dan keterampilan mengelola kelas sedangkan terdapat dua
keterampilan yang kurang baik seperti keterampilan memberikan penguatan dan
keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan. 3) Dampak persepsi siswa
terhadap hasil pembelajaran tentang keterampilan mengajar guru biologi di Madrasah
Aliyah Darul Mukhlisin yaitu memiliki dampak pada hasil belajar siswa yang dapat
ditunjukkan dari hasil nilai ulangan bahwa terdapat 19 siswa nilai ulangan rendah dari
59 siswa. Bisa dikatakan bahwa perlunya seorang guru menerapkan beberapa
keterampilan mengajar agar mempermudah siswa untuk memahami materi yang
dibawakan oleh guru dan perlu mendengarkan persepsi siswa agar mengetahui
seberapa paham siswa tentang materi yang diajarkan.
Kata Kunci : Persepsi Siswa, Keterampilan Mengajar Guru, Hasil Belajar

ABSTRACT
Nisra. NIM. 18010108031. Student Perceptions Of Biology Teacher Teaching Skills
at Madrasah Aliyah Darul Mukhlisin. Guided by Dr. Masdin M.Pd and Hilda Ayu
Melvi Amalia M.Sc
This study aims to: 1) To know the teaching skills of biology teachers. 2) To
find out students perceptions of the biology teachers teaching skills. 3) To determine
theimpact of student perceptions on the teaching skills of biology teachers at
Madrasah Aliyah Darul Mukhlisin. This study used descriptive qualitative methode.
The results of this study indicate that: 1) The teaching skills of biology teachers at
Madrasah Aliyah Darul Mukhlisin out of the eight teaching skills that are often used
are only four, namely, skills in opening and closing lessons, explaining skills, asking
questions, and class management skills. 2) student perceptions of Biology Teachers’
Teachking Skill at Madrasah Aliyah Darul Mukhlisin show that there are five skills
that fall into the good category, such as opening and closing lesson skills, explaining
skills, asking questions, variation skills, guideng small group discussion skill, and
class management skills. While there are two skills that are not good, such as the skill
of providing reinfocement and that skill of teaching small groups and individuals.3)
The impact of students perceptions on learning outcomes regarding teaching skills of
biology teachers at Madrasah Aliyah Darul Mukhlisin, namely having an impact on
student learning outcomes which can be shown from the resultr of the test scores that
there were 19 students with low test scores out of 59 students. It can be said that the
need for a teacher to apply some teaching skills in order to make it easier for student
to understand the material presented by the teacher and need to listen to student
perceptions in order to find out how much students understand about the material
being tought.
Keywords: student perceptions, teacher teaching skills, learning outcomes

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata Kunci : Persepsi Siswa, Keterampilan Mengajar Guru, Hasil Belajar
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Persepsi Siswa, Keterampilan Mengajar Guru, Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan ( > 370.114 Etika Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Kinerja Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 22 May 2024 02:35
Last Modified: 22 May 2024 02:35
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2573

Actions (login required)

View Item View Item