UPAYA GURU DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA ANAK KELOMPOK B DI TK NEGERI 1 KENDARI

Sherina, Nim 19010105024, S (2024) UPAYA GURU DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA ANAK KELOMPOK B DI TK NEGERI 1 KENDARI. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (4MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (4MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf

Download (4MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Sherina, Nim 19010105024, Upaya Guru Dalam Menumbuhkan Minat Baca
Anak Kelompok B di TK Negeri 1 (Dibimbing Oleh Dr. Ros Mayasari S.Ag,
M.Si dan La Hewi, S.Pd.I, M.Pd)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) upaya guru dalam
menumbuhkan minat baca anak kelompok B di TK Negeri 1 Kendari, 2) minat
baca anak kelompok B di TK Negeri 1 Kendari dan 3) Faktor yang mempengaruhi
upaya guru dalam menumbuhkan minat baca anak kelompok B di TK Negeri 1
Kendari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan
pendekatan deskriptif. Jenis data dalam penelitian ini diklasifikasi menjadi data
primer dan data sekunder. Metode wawancara, observasi dan dokumentasi
digunakan peneliti sebagai cara untuk mengumpulkan data yang selanjutnya
dianalisis dengan menggunakan model reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Triangulasi data digunakan peneliti sebagai teknik pengecekan
keabsahan data. Hasil penelitian ini adalah: 1) upaya guru dalam menumbuhkan
minat baca anak kelompok B di TK Negeri 1 Kendari : dengan melalui kegiatan
mendongeng, keaksaraan dalam proses pembelajaran, pojok baca, menciptakan
lingkungan yang kondusif dengan membaca di luar kelas dan pemutaran film
menggunakan laptop. Dari semua upaya guru di TK Negeri 1 Kendari yang
peneliti temukan yang dilakukan oleh guru, anak cedrung lebih menyukai kegiatan
mendongeng dan pemutaran film menggunkan laptop. 2) minat baca anak
kelompok B di TK Negeri 1 Kendari dengan menggunakan indikator kegemaran
terhadap kegiatan membaca yaitu : perhatian ditemukan 5 anak pada kegiatan
mendongeng, 2 anak pada kegiatan pojok baca, dan 2 anak pada kegiatan
membaca di luar kelas. Ketertarikan ditemukan 4 anak pada saat selesai
melakukan pembelajaran inti. Keinginan, anak lebih menyukai bermain diluar dan
lebih memilih mainan. Tindak lanjut ditemukan 3 anak pada kegiatan pojok baca.
Hal tersebut menunjukan minat baca anak kelompok B3 di TK Negeri 1 Kendari
masih tergolong rendah, karena dari 28 anak yang peneliti observasi tidak
ditemukan anak yang menonjol dan sama pada setiap indikator. 3) Faktor yang
mempengaruhi upaya guru dalam menumbuhkan minat baca anak kelompok B di
TK Negeri 1 Kendari menunjukkan dua faktor yaitu, lingkungan keluarga yakni
orang tua dan perkembangan teknologi yakni gadget. Dua faktor ini sangat
berpengaruh karena peran orang tua di rumah sangatlah penting pada anak
dengan pembiasaan apa yang sering diberikan baik dengan pengenalan pada buku
ataupun bermain pada gadget.
Kata Kunci: Upaya Guru, Menumbuhkan, Minat Baca, Anak Usia Dini

ABSTRACK
Sherina, Nim 19010105024, Teacher's Efforts to Cultivate Interest in
Reading in Group B Children in TK Negeri 1 Kendari (Guided by Dr. Ros
Mayasari S.Ag, M.Si and La Hewi, S.Pd.I, M.Pd)
This research aims to describe: 1) the teacher's efforts in fostering interest in
reading in group B children at Kindergarten 1 Kendari, 2) interest in reading in
group B children in Kindergarten 1 Kendari and 3) Factors that influence the
teacher's efforts in cultivating interest in reading in group B children at
Kindergarten 1 Kendari. This research uses qualitative research methods with a
descriptive approach. The types of data in this research are classified into primary
data and secondary data. The researchers used interview, observation and
documentation methods as a way to collect data which was then analyzed using a
data reduction model, presenting data and drawing conclusions. Data triangulation
is used by researchers as a technique for checking the validity of the data. The
results of this research are: 1) the teacher's efforts to foster interest in reading in
group B children at Kindergarten 1 Kendari: through storytelling activities,
literacy in the learning process, reading corners, creating a conducive environment
by reading outside the classroom and screening films using a laptop. Of all the
teacher's efforts at Kindergarten 1 Kendari that researchers found, children tended
to prefer storytelling and film screening activities using laptops. 2) Reading
interest of group B children in Kendari State Kindergarten 1 using indicators of
interest in reading activities, namely: attention was found in 5 children in
storytelling activities, 2 children in reading corner activities, and 2 children in
reading activities outside the classroom. Interest was found in 4 children when
they finished core learning. Desire, children prefer to play outside and prefer toys.
Follow-up found 3 children in the reading corner activities. This shows that the
reading interest of children in the B3 group at Kindergarten 1 Kendari is still
relatively low, because of the 28 children the researchers observed, no children
were found who stood out and were the same in each indicator. 3) Factors that
influence teachers' efforts to foster interest in reading in group B children at
Kindergarten 1 Kendari show two factors, namely, the family environment,
namely parents, and technological developments, namely gadgets. These two
factors are very influential because the role of parents at home is very important
for children with familiarization which is often given either by introducing books
or playing with gadgets.
Keywords: Teacher Efforts, Growing, Interest in Reading, Early Childhood

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata Kunci: Upaya Guru, Menumbuhkan, Minat Baca, Anak Usia Dini
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Upaya Guru, Menumbuhkan, Minat Baca, Anak Usia Dini
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar
300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar > 372.21 Pendidikan Pra Sekolah
300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar > 372.4 Membaca, Belajar Membaca
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 22 May 2024 03:31
Last Modified: 22 May 2024 03:31
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2579

Actions (login required)

View Item View Item