ANALISIS DESAIN KOMUNIKASI VISUAL POSTER AKUN INSTAGRAM @SOHIB.QURAN

Fitri Nur Fajrin, NIM : 19030101028., F (2023) ANALISIS DESAIN KOMUNIKASI VISUAL POSTER AKUN INSTAGRAM @SOHIB.QURAN. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Fitri Nur Fajrin, NIM : 19030101028. Analisis Desain Komunikasi Visual
Poster Akun Instagram @sohib.quran Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah,
Institut Agama Islam Negeri Kendari melalui pembimbing Yusyrifah Halid,
S.Kom., M.I.Kom
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna elemen desain
komunikasi visual akun instagram @sohib.quran. Penelitian ini menggunakan
metode penelitian kualitatif dengan metode analisis semiotika Ferdinand de
Saussure. Data dikumpulkan melalui observasi dan studi dokumen. Hasil
penelitian menemukan bahwa elemen yang terdapat pada akun instagram
@sohib.quran antara elemen tipografi, ilustrasi, warna saling berkaitan sehingga
dapat memperoleh suatu makna. Masing-masing elemen memiliki arti dan makna
yang dapat dihubungkan dengan elemen yang lain. 1) Tipografi Headline dibuat
lebih besar dan menonjol dari pada yang lain sebagai tanda yang menunjukkan
inti pembahasan dalam poster, kemudian untuk body text di tempatkan di bawah
headline sebagai penjelasan dari poster yang terdiri atas hadits Rasulullah dan
Fatwa dari ulama-ulama islam terkemuka, selain itu akun @sohib.quran juga
mencantumkan sumber fatwa atau hadits yang ada dalam poster tersebut,
penempatannya berada di bawah body text. Karakter tipografi yang digunakan
dalam poster @sohib.quran menggunakan jenis font serif (huruf berkait), sans
serif (tak berkait), dan script. 2) Penggunaan ilustrasi dalam poster akun
@sohib.quran dibuat sesuai dengan konteks latar belakang pesan yang
disampaikan dalam poster. Ilustrasi yang digunakan dalam poster dakwah
@sohib.quran menggunakan tema yang berbeda-beda disesuaikan dengan inti dari
pembahasan poster dan jenis ilustrasi yang digunakan akun @sohib.quran yaitu
ilustrasi naturalis. 3) penggunaan warna poster @sohib.quran menggunakan
warna-warna netral seperti abu-abu yang sifatnya lebih lembut dan bisa
menyesuaikan dengan warna-warna yang lain. Selain warna netral, poster
@sohib.quran menggunakan warna yang gelap sehingga memberikan kesan yang
estetik dalam poster dakwahnya. Semua warna yang digunakan sesuai dengan isi
pesan yang ingin disampaikan
Kata Kunci : Dakwah Poster, Desain Komunikasi Visual, Instagram
@sohib.quran

ABSTRACT
Fitri Nur Fajrin, NIM : 19030101028. Analysis of Visual Communication
Design Poster Instagram Account @sohib.quran Faculty of Ushuluddin Adab,
and Da'wah, Kendari State Islamic Institute through supervisor Yusyrifah Halid,
S.Kom., M.I.Kom
This study aims to determine the meaning of the visual communication
design elements of the @sohib.quran Instagram account. This study uses
qualitative research methods with semiotic analysis methodsFerdinand de
Saussure. Data is collected through observation and document study. The results
of the study found that the elements contained in the accountsinstagram
@sohib.quran between typographic elements, illustrations, colors are interrelated
so that they can obtain a meaning. Each element has a meaning and meaning that
can be connected with other elements. 1) TypographyHeadline made bigger and
more prominent than the others as a sign indicating the main discussion in the
poster, then forbody text placed belowheadline as an explanation of the poster
which consists of the hadiths of the Prophet and Fatwas from prominent Islamic
scholars, in addition to that the @sohib.quran account also includes sources of
fatwas or hadiths in the poster, the placement is underbody text. The
typographical characters used in the @sohib.quran poster use typefont serif
(linked letters), sans serif(unrelated), andscript. 2) The use of illustrations in the
@sohib.quran account poster is made according to the background context of the
message conveyed in the poster. The illustrations used in the Da'wah poster
@sohib.quran use different themes according to the essence of the discussion of
the poster and the type of illustration used by the @sohib.quran account, namely
naturalist illustrations. 3) the use of colors for the @sohib.quran poster uses
neutral colors such as gray which are softer in nature and can match other
colors. In addition to neutral colors, the @sohib.quran poster uses dark colors so
that it gives an aesthetic impression in its da'wah posters. All the colors used are
in accordance with the contents of the message to be conveyed.
Keywords: Da'wah Poster, Visual Communication Design, Instagram
@sohib.quran

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata Kunci : Dakwah Poster, Desain Komunikasi Visual, Instagram @sohib.quran
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Dakwah Poster, Desain Komunikasi Visual, Instagram @sohib.quran
Subjects: 000 Kelas Umum > 006.754 Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
000 Kelas Umum > 006.752 Blog, Web Blog (
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 29 May 2024 02:16
Last Modified: 29 May 2024 02:16
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2597

Actions (login required)

View Item View Item