KETERAMPILAN GURU MENGA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA DI SDN 92 KENDARI

Naulil Rahma, Nim 19010104003, N (2023) KETERAMPILAN GURU MENGA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA DI SDN 92 KENDARI. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (7MB)
[img] Text
2 BAB 1.pdf

Download (6MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (6MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (6MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf

Download (6MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Naulil Rahma, Nim 19010104003, Keterampilan Guru Mengadakan Variasi
Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika Di SDN 92
Kendari. Dibimbing oleh: Raehang S, Ag, M. Pd.I dan Rasmi S, Ag, M.SI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan guru mengadakan variasi
pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar matematika di SDN 92 Kendari.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini
adalah Guru mata pelajaran Matematika dan Siswa kelas IVc dan Vb. Teknik
pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik
analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau
verifikasi. Adapun hasi penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru
mengadakan variasi meliputi cara mengajar, penggunaan alat atau media
pembelajaran dan pola interaksi pada pembelajaran sudah baik. Pengadaan
variasi yang dilakukan oleh guru pada proses pembelajaran matematika menarik
perhatian dan antusias siswa, kegiatan belajar menjadi menyenangkan, dan siswa
berpartisipasi aktif pada pembelajaran yang diikutinya. Dari hasil penelitian yang
didapat, peneliti mengambil kesimpulan bahwa guru yang mengadakan variasi
pada proses pembelajaran matematika mampu untuk menumbuhkan minat belajar
matematika dalam diri siswa. Dengan adanya variasi cara mengajar, variasi
penggunaan alat atau media pembelajaran serta pola interaksi yang bervariasi
membuat siswa tertarik dan proses pembelajaran matematika menjadi
menyenangkan serta berpengaruh terhadap hasil belajar yang didapat siswa.
Kata Kunci: Variasi Mengajar, Minat Belajar, Mata Pelajaran Matematika

ABSTRACT
Naulil Rahma, Nim 19010104003, Teacher Skills in Providing Learning
Variations in Increasing Interest in Learning Mathematics at SDN 92
Kendari. Supervised by: Raehang S, Ag, M. Pd.I and Rasmi S, Ag, M.SI
This research aims to determine the skills of teachers in carrying out learning
variations in increasing interest in learning mathematics at SDN 92 Kendari. This
type of research is descriptive qualitative. The data sources in this research are
Mathematics teachers and students in grades IVc and Vb. Data collection
techniques are observation, interviews and documentation. Data analysis
techniques are data reduction, data presentation and drawing conclusions or
verification. The research results show that the teacher's skills in providing
variations including teaching methods, use of learning tools or media and
interaction patterns in learning are good. The teacher's provision of variations in
the mathematics learning process attracts students' attention and enthusiasm,
learning activities become fun, and students participate actively in the learning
they participate in. From the research results obtained, the researchers concluded
that teachers who provide variations in the mathematics learning process are able
to foster interest in learning mathematics in students. With variations in teaching
methods, variations in the use of tools or learning media and varied interaction
patterns, it makes students interested and the mathematics learning process
becomes fun and influences the learning outcomes obtained by students.
Keywords: Teaching Variations, Interest in Learning, Mathematics Subjects

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata Kunci: Variasi Mengajar, Minat Belajar, Mata Pelajaran Matematika
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Variasi Mengajar, Minat Belajar, Mata Pelajaran Matematika
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
500 Ilmu-Ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 04 Jun 2024 02:22
Last Modified: 04 Jun 2024 02:22
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2618

Actions (login required)

View Item View Item