PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN SISWA ANTARA YANG TELAH MENGIKUTI PAUD DAN NON PAUD DI SDN 06 KONAWE SELATAN

NURATIFAH, Nim 18010104035, N (2022) PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN SISWA ANTARA YANG TELAH MENGIKUTI PAUD DAN NON PAUD DI SDN 06 KONAWE SELATAN. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
SKRIPSI_NURATIFAH_COVER_1.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI_NURATIFAH_BAB I_2.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI_NURATIFAH_BAB II_3.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI_NURATIFAH_BAB III_4.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI_NURATIFAH_BAB IV_5.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI_NURATIFAH_BAB V_6.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI_NURATIFAH_DAPUS & LAMPIRAN_7.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
NURATIFAH, Nim 18010104035, Peran Guru dalam Mengembangkan
Kemampuan Menulis Permulaan Siswa antara yang telah mengikuti PAUD
dan Non PAUD di SDN 06 Konawe Selatan (Pembimbing 1 : Raehang, S.Ag,
M.Pd.I, Pembimbing 2 : La Ode Anhusadar S.Pd.I, M.Pd)
Penelitian ini bertujuan :(1) Untuk menganalisis peran guru dalam
mengembangkan kemampuan menulis permulaan siswa antara yang telah
mengikuti PAUD dan non PAUD di SDN 06 Konawe Selatan. (2) Perkembangan
kemampuan menulis permulaan siswa antara yang telah mengikuti PAUD dan non
PAUD. (3) Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam mengembangkan
kemampuan menulis permulaan siswa antara yang telah mengikuti PAUD dan non
PAUD di SDN 06 Konawe Selatan. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian kualitatif menjadi data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan
data terdiri dari wawancara, observasi, dan dokumentasi yang selanjutnya di
analisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan,
meningkatkan ketekunan dan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian yang
dilakukan menunjukan bahwa : Peran guru dalam mengembangkan kemampuan
menulis permulaan siswa antara siswa yang telah mengikuti PAUD dan non
PAUD dapat diketahui dengan hasil pengamatan, wawancara, dan dokumentasi
peran guru sebagai pembimbing, sebagai motivator, dan sebagai evaluator. Faktor
pendukung dan faktor penghambat yaitu faktor pendukung keluarga dan sarana
media pembelajaran. Faktor penghambat keluarga, kurangnya fokus dan perhatian
siswa, dan siswa asik bermain sendiri atau bermain dengan teman sebangku.
Kata kunci : Peran Guru, Perkembangan Kemampuan Menulis Siswa,
Faktor Pendukung dan Penghambat

ABSTRACT
NURATIFAH, Nim 18010104035, The Teacher`s Role in Developing
Beginning Writing Ability of Students who have PAUD and Non-PAUD at
SDN 06 Konawe Selatan (Supervisor 1 :Raehang, S.Ag. M.Pd.I, Supervisor 2
:La Ode Anhusadar S.Pd.I, M.Pd)
This study aims (1) To analyze the teacher`s role in developing student`s
initial writing skills between those who have attented preschool and non-early
childhood education at SDN 06 Konawe Selatan (2) The development of student`s
initial writing ability between those who have attented preschool and non-early
childhood (3) Supporting factors and the inhibiting factors in developing student`s
initial writing skills between those who have attented preschool and non-early
childhood at SDN 06 Konawe Selatan this research uses qualitative research
methods into primary data and secondary data. Data collection methods contist of
interviews, observation, and documentation which are then analyzed by means of
data reduction, data presentation and drawing conclusions. Checking the validity
of the data is done by extending observations, increasing persistence and
triangulation. Based on the results of the research conducted, it shows that the role
of the teacher in developing student`s initial writing skills between student`s who
have attented preschool and non-preschool can be known by the results of
observations, interviews, and documentation of the teacher`s role as a guide, as a
motivator, and as an evaluator. Supporting factors and inhibiting factors are
family supporting factors and learning media facilities. The inhibiting factors is
the family, the lack of focus and attention of students and students who are
engrossed in playing alone or palying with their peers.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata kunci : Peran Guru, Perkembangan Kemampuan Menulis Siswa, Faktor Pendukung dan Penghambat
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Peran Guru, Perkembangan Kemampuan Menulis Siswa, Faktor Pendukung dan Penghambat
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 27 Jun 2024 03:32
Last Modified: 27 Jun 2024 03:32
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2772

Actions (login required)

View Item View Item