ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SDN 22 KENDARI

Windi Harisa Putri, NIM.19010104063, W (2023) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SDN 22 KENDARI. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (933kB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (874kB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (634kB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (746kB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Windi Harisa Putri, NIM.19010104063 “Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada
Mata Pelajaran Matematika di Kelas V SDN 22 Kendari”. Dibimbing oleh: Dr.
Jumarddin La Fua S.Si M.Si dan Halistin M.Si.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana jenis kesulitan
belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V SDN 22 Kendari. (2) Untuk
mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa pada mata
pelajaran matematika di kelas V.A SDN 22 Kendari. (3) Untuk mengetahui langkahlangkah
perbaikan
yang
dilakukan
oleh
guru
untuk
mengatasi
kesulitan
belajar
siswa

pada
mata
pelajaran
matematika
di
kelas
V.A
SDN
22
Kendari.
Metode
penelitian
ini

adalah
kualitatif.
Teknik
pengumpulan
data
menggunakan
tes,
observasi,
wawancara

dan

dokumentasi. Data yang diambil dan dikumpulkan bersumber dari guru
matematika kelas V.A dan siswa kelas V.A. Analisis data dilakukan melalui tiga
tahap pelaksanaan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan
teknik pengumpulan data yang telah diperoleh dari hasil penelitian, terdapat: (1).
Kesulitan belajar yang dialami oleh siswa pada mata pelajaran matematika di kelas
V.A SDN 22 Kendari yaitu kesulitan konsep, kesulitan prinsip dan kesulitan
keterampilan (skill). Berdasarkan analisis data yang telah diperoleh dari hasil
penelitian, terdapat siswa kelas V.A SDN 22 Kendari yang mengalami kesulitan
belajar pada mata pelajaran matematika dari hasil tes yang telah dilakukan khususnya
pada materi bangun ruang, dimana dari 30 orang siswa terdapat sebanyak 21 orang
siswa yang mengalami kesulitan belajar, dengan persentase kesulitan belajar sebesar
42,80 % dengan kategori kesulitan belajar sedang. (2) Faktor-faktor yang
mempengaruhi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V.A
SDN 22 Kendari yaitu meliputi faktor internal dan faktor eksternal siswa. Faktor
internal meliputi sikap dalam belajar, motivasi belajar, dan kesehatan tubuh. Faktor
eksternal meliputi variasi mengajar guru, penggunaan media pembelajaran, sarana
dan prasarana di sekolah, dan lingkungan keluarga. (3) Langkah-langkah perbaikan
yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata
pelajaran matematika di kelas V.A SDN 22 Kendari yaitu guru memberikan
pengajaran perbaikan (remedial), guru melakukan bimbingan individu, guru
menggunakan media, mengulang materi dan memberi tugas tambahan.

Kata kunci: Kesulitan Belajar, Matematika, Sekolah Dasar
ABSTRACT
Windi Harisa Putri, NIM.19010104063 "Analysis of Students' Learning
Difficulties in Mathematics in Class V SDN 22 Kendari". Supervised by: Dr.
Jumarddin La Fua S.Si M.Si and Halistin M.Si.
The aims of this study were: (1) To find out the types of students' learning
difficulties in mathematics in class V SDN 22 Kendari. (2) To find out the factors that
influence students' learning difficulties in mathematics in class V.A SDN 22 Kendari.
(3) To find out the corrective steps taken by the teacher to overcome students'
learning difficulties in mathematics in class VA SDN 22 Kendari. This research
method is qualitative. Data collection techniques using tests, observations, interviews
and documentation. The data retrieved and collected came from the mathematics
teacher of class V.A and students of class V.A. Data analysis was carried out through
three stages of implementation, namely data reduction, data presentation, and
conclusions. Based on the data collection techniques that have been obtained from the
research results, there are: (1). Learning difficulties experienced by students in
mathematics in class V.A SDN 22 Kendari, namely conceptual difficulties, principle
difficulties and skills difficulties. Based on the analysis of the data that has been
obtained from the research results, there are students in class V.A SDN 22 Kendari
who have difficulty learning in mathematics from the results of tests that have been
carried out especially on geometric material, where out of 30 students there are as
many as 21 students who experience difficulties learning, with a learning difficulty
percentage of 42.80% in the medium learning difficulty category. (2) The factors that
influence students' learning difficulties in mathematics in class V.A SDN 22 Kendari
include internal factors and student external factors. Internal factors include attitudes
in learning, learning motivation, and physical health. External factors include
variations in teacher teaching, use of instructional media, school facilities and
infrastructure, and family environment. (3) Corrective steps taken by the teacher to
overcome student learning difficulties in mathematics in class VA of SDN 22
Kendari, namely the teacher provides remedial teaching, the teacher carries out
individual guidance, the teacher uses media, repeats material and gives additional
assignments .

Keywords: Learning Difficulties, Mathematics, Elementary School

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kesulitan Belajar, Matematika, Sekolah Dasar
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar, Matematika, Sekolah Dasar
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: iainkdi PERPUSTAKAAN IAIN KENDARI
Date Deposited: 26 Oct 2023 02:31
Last Modified: 26 Oct 2023 02:31
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/278

Actions (login required)

View Item View Item