IDENTIFIKASI KESULITAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERBENTUK SOAL NON RUTIN PADA POKOK BAHASAN PLDV DAN SPLDV

Adi Irfan Suliyanto. 18010110024., A (2022) IDENTIFIKASI KESULITAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERBENTUK SOAL NON RUTIN PADA POKOK BAHASAN PLDV DAN SPLDV. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Adi Irfan Suliyanto. 18010110024. Identifikasi Kesulitan Pemecahan Masalah
Matematika Berbentuk Soal Non Rutin Pada Pokok Bahasan SPLDV. Dibimbing
oleh Halistin, M.Si dan Muhamad Syarwa Sangila, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk (1)
mengidentifikasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal non-rutin pada materi
PLDV dan SPLDV; (2) untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kesulitan
siswa dalam menyelesaikan soal non-rutin pada materi PLDV dan SPLDV; (3)
untuk mengetahui solusi dari kesulitan yang dialami siswa siswa dalam
menyelesaikan soal non-rutin. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX D
MTs Darul Ulum Ahuhu yang berjumlah 24 siswa. Tekhnik pengambilan sampel
menggunakan tekhnik purposive sample. Teknik pengumpulan data menggunakan
observasi, soal tes, dokumentasi
dan wawancara. Pengambilan subjek
menggunakan nilai tes soal pemecahan masalah sebanyak 3 subjek yaitu 1 subjek
dari kelompok tinggi, 1 subjek dari kelompok sedang, dan 1 subjek dari kelompok
rendah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Dalam menyelesaikan soal
siswa masih belum sepenuhnya mengerjakan soal sesuai dengan indikator polya.
2) Faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan adalah faktor internal
(tidak adanya minat siswa serta tidak dapat menghitung dengan benar) dan faktor
eksternal (tidak adanya motivasi dari keluarga dan orang sekitar. 3) Solusi yang
dilakukan untuk mengatasi kesulitan siswa yaitu, belajar lebih keras, membaca
soal berulang, belajar kelompok, dan bertanya kepada guru. Kesimpulan pada
penelitian ini yaitu: 1) Siswa masih mengalami kesulitan khusunya pada tahap
merencanakan penyelesaian dan menyelesaikan masalah. 2) Faktor penyebab
siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal antara lain tidak mempunyai
minat belajar, kurangnya kemampuan dalam memahami dan menyelesaikan soal,
tidak adanya motivasi belajar dari keluarga dan orang terdekat, serta kurangnya
kemampuan numerasi siswa. 3) Solusi yang diberikan untuk mengatasi kesulitan
siswa dalam menyelesaikan soal antara lain siswa diharapkan untuk belajar lebih
giat lagi, membaca soal berulang-ulang hingga benar-benar paham, sering berlatih
soal yang bervariasi, dan tidak malu bertanya kepada guru
Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Soal Non-Rutin,
PLDV dan SPLDV.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Soal Non-Rutin, PLDV dan SPLDV.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Soal Non-Rutin, PLDV dan SPLDV.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 02 Sep 2024 03:20
Last Modified: 02 Sep 2024 03:20
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2970

Actions (login required)

View Item View Item