ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 KONDA

Eva Rosmawati. 17010110022., E (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 KONDA. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (4MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (4MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Eva Rosmawati. 17010110022. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah
Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 3 Konda. Dosen Pembimbing I
Muhammad Syarwa Sangila, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Hasrin Lamote,
S.Pd, M.Sc.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan pemecahan
masalah matematika siswa serta untuk mengetahui kemampuan pemecahan
masalah matematika siswa menurut teori Polya pada setiap indikator kemampuan
pemecahan masalah matematika siswa kelas V SD Negeri 3 Konda. Tahapan
pemecahan masalah Polya terdiri dari tahap memahami masalah, merencanakan
pemecahan, melakukan rencana pemecahan, dan memeriksa kembali. Jenis
penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas V SD Negeri 3 Konda. Tes kemampuan pemecahan siswa diberikan
kepada 10 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dokumentasi
dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah (1) Tingkat kemampuan pemecahan
masalah matematika siswa kelas V SD Negeri 3 Konda, ditinjau dari hasil tes
diketahui bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa berada pada kategori
sedang dengan persentase sebesar 40%. (2) (a) Tahap memahami masalah banyak
siswa yang tidak mengalami kesulitan karena siswa sudah bisa memahami
masalah, (b) pada tahap merencanakan penyelesaian hanya sebagian siswa yang
dapat menuliskan rencana penyelesaian tetapi belum sepenuhnya benar, (c) pada
tahap menyelesaikan masalah ada beberapa siswa yang lupa atau salah dalam
menuliskan operasi dan siswa salah dalam menghitung jawaban. Hal ini
disebabkan karena siswa kurang konsentrasi dalam menyelesaikan soal, dan (d)
pada tahap memeriksa kembali tidak ada sama sekali siswa yang dapat memeriksa
jawaban.
Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Pecahan, Polya

ABSTRACT
Eva Rosmawati. 17010110022. Analysis of Mathematics Problem Solving Ability
of Fifth Grade Student’s SD Negeri 3 Konda. Supervisor I Muhammad Syarwa
Sangila, S.Pd, M.Pd and Supervisor II Hasrin Lamote,S.Pd, M.Sc.
This research aims to find out the level of student’s mathematical abilities based
on the Polya theory on each indicator of mathematics student’s mathematics
problem in class V at SD Negeri 3 Konda. Polya’s problem solving stages consist
of understanding the problem, planning a solution, carrying out a solution plan,
and checking again. This type of research is qualitative descriptive research. The
subjects of this research were fifth grade students at SD Negeri 3 Konda. The
student solving ability test was given to 10 student’s. Data collection techniques
use tests, documentation and interview. The result of this research are (1) The
level of mathematical problem solving ability of fifth grade student’s at SD
Negeri 3 Konda, judging from the test result, it is know that the student’s probling
solving ability is in the medium category with a percentage of 40%. (2) (a) At the
stage of understanding the problem many student’s do not experience difficulties
because student’s can already understanding the problem, (b) At the stage of
planning a solution only some student’s can write down a solution plan but it is
not completely correct, (c) At the stage of solving the problem there are some
student’s forget or wrote down operations incorrectly and student’s made errors in
calculating answers. This is because student’s lack concentration in solving the
questions, and at the re-checking stage there are no student’s at all who can check
the answers.
Kata Kunci : Mathematical Problem Solving Ability, Fraction, Polya

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Pecahan, Polya
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Pecahan, Polya
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 05 Sep 2024 01:06
Last Modified: 05 Sep 2024 01:06
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2982

Actions (login required)

View Item View Item