PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 1 WAWONII UTARA

Indri, NIM: 19010107016., I (2023) PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 1 WAWONII UTARA. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (484kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (188kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf

Download (194kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf

Download (262kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf

Download (228kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (54kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Indri, NIM: 19010107016. Pengaruh Gaya Mengajar Guru terhadap Minat
dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di SMPN 1 Wawonii
Utara. Program Studi Tadris IPA, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan,
Institut Agama Islam Negeri Kendari. (Dibimbing Oleh: Bapak Hasrin
Lamote S.Pd., M.Sc dan Ibu Norma Yulita S.Pd., M.Pd)
Penelitian bertujuan untuk mengetahui:1) pengaruh gaya mengajar guru
terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SMPN 1 Wawonii Utara,
2) pengaruh gaya mengajar guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran
IPA di SMPN 1 Wawonii Utara, 3) pengaruh gaya mengajar guru terhadap minat
belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SMPN 1 Wawonii
Utara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini
adalah seluruh siswa SMPN 1 Wawonii Utara sebanyak siswa 88 siswa, sampel
yang digunakan pada penelitian ini yaitu sebanyak 88 siswa. Teknik pengumpulan
data pada penelitian ini yaitu menggunakan angket, dokumentasi dan wawancara.
Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif dan teknik
analisis inferensial (uji normalitas, uji lineritas, uji heterokedastisitas, uji regresi
linear sederhana, uji t, uji koefisien determinasi dan uji manova). Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa:1) terda pat pengaruh gaya mengajar guru terhadap minat
belajar, dengan nilai thitung 3,910 > ttabel 1,662, sehingga dapat disimpulkan
bahwa variabel gaya mengajar guru (X) berpengaruh terhadap variabel minat
belajar (Y1): 2) terdapat pengaruh gaya mengajar guru terhadap hasil belajar
siswa, dengan nilai thitung 4,313 > ttabel 1,662, sehingga dapat disimpulkan
bahwa variabel gaya mengajar guru (X) berpengaruh terhadap variabel hasil
belajar IPA (Y2).
Kata Kunci: Gaya Mengajar Guru, Minat Belajar, Hasil Belajar Siswa

ABSTRACT
Indri, NIM: 19010107016. The Influence of Teachers' Teaching Styles on
Student Interest and Learning Outcomes in Science Subjects at SMPN 1
Wawonii Utara. Tadris Science Study Program, Faculty of Tarbiyah and
Teacher Training, Kendari State Islamic Institute, (Supervised by: Mr.
Hasrin Lamote S.Pd., M.Sc and Mrs. Nourma Yulita S.Pd., M.Pd.)
The research aims to determine: 1) the influence of teachers' teaching
styles on students' interest in learning in science subjects at SMPN 1 Wawonii
Utara, 2) the influence of teachers' teaching styles on student learning outcomes
in science subjects at SMPN 1 Wawonii Utara, 3) the influence of teaching
styles teachers towards learning interest and student learning outcomes in
science subjects at SMPN 1 Wawonii Utara. This research is quantitative
research. The population in this study was all students at SMPN 1 Wawonii
Utara, the sample used in this study was 88 students. Data collection techniques
in this research used questionnaires, documentation and interviews. The data
analysis technique used is the analytical analysis technique (normality test,
linearity test, heteroscedasticity test, simple linear regression test, t test,
coefficient of determination test and Manova test). The results of this research
show that: 1) there is an influence of the teacher's teaching style on interest in
learning, with a value of tcount 3.910 > ttable 1.662, so it can be concluded that
the variable teacher teaching skills (X) influences the variable interest in
learning (Y1): 2) there is an influence of skills teacher teaching on student
learning outcomes, with a value of tcount 4.313 > ttable 1.662, so it can be
concluded that the teacher teaching style variable (X) influences the science
learning outcome variable (Y2).
Keywords: Teacher Teaching Style, Interest in Learning, Student Learning
Outcomes

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata Kunci: Gaya Mengajar Guru, Minat Belajar, Hasil Belajar Siswa
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Gaya Mengajar Guru, Minat Belajar, Hasil Belajar Siswa
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan IPA
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 12 Sep 2024 02:00
Last Modified: 12 Sep 2024 02:00
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3005

Actions (login required)

View Item View Item