PENGARUH METODE RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 23 KENDARI

Nurhasanah, NIM: 19010107007., N (2023) PENGARUH METODE RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 23 KENDARI. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2.BAB I.pdf

Download (351kB)
[img] Text
3.BAB II.pdf

Download (411kB)
[img] Text
4.BAB III.pdf

Download (794kB)
[img] Text
5.BAB IV.pdf

Download (786kB)
[img] Text
6.BAB V.pdf

Download (255kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (397kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Nurhasanah, NIM: 19010107007. Pengaruh Metode Resitasi Terhadap Hasil
Belajar IPA di SMP Negeri 23 Kendari (Dibimbing Oleh: Bapak Dr. Abdul
Kadir, M.Pd dan Bapak Ismaun S.Si.,M.Si)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar IPA
siswa sebelum diberikan perlakuan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, (2)
perbedaan hasil belajar IPA siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan pada
kelas eksperimen, (3) perbedaan hasil belajar IPA siswa sesudah diberikan perlakuan
pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kela VIII di SMP Negeri 23 Kendari yang berjumlah 76 orang siswa. Sampel
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak dua kelas dengan jumlah siswa
51 orang. Hasil penelitian pada taraf signifikan 5% menunjukan bahwa: (1) terdapat
perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dan kontrol dengan nilai thitung 5,451 dan
ttabel 1,552. Nilai thitung > ttabel yang artinya H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan
bahwa pada penelitian ini untuk Metode Resitasi (X) berpengaruh signifikan terhadap
Hasil Belajar IPA (Y), (2) terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa sebelum dan
sesudah diberikan perlakuan pada kelas eksperimen dengan nilai thitung 28,281 dan
ttabel 1,612. Nilai thitung > ttabel yang artinya H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan
bahwa pada penelitian ini untuk Metode Resitasi (X) berpengaruh signifikan terhadap
Hasil Belajar IPA (Y). (3) terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa sesudah
diberikan perlakuan pada kelas eksperimen dan kontrol dengan nilai thitung 6,577 dan
ttabel 1,677. Nilai thitung > ttabel yang artinya H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan
bahwa pada penelitian ini untuk Metode Resitasi (X) berpengaruh signifikan terhadap
Hasil Belajar IPA (Y).
Kata Kunci : SMP Negeri 23 Kendari, Metode Resitasi, Hasil Belajar.

ABSTRACT
Nurhasanah, NIM: 19010107007. The Effect of the Recitation Method on Science
Learning Outcomes at SMP Negeri 23 Kendari (Supervised by: Mr. Dr. Abdul
Kadir, M.Pd and Mr. Ismaun S.Sc., M.Si)
This study aims to determine: (1) differences in students' natural science
learning outcomes before being given treatment in the experimental class and control
class, (2) differences in students' natural science learning outcomes before and after
being given treatment in the experimental class, (3) differences in students' science
learning outcomes after being given treatment in the experimental class and the
control class. The population in this study were all students of class VIII at SMP
Negeri 23 Kendari, totaling 76 students. The sample used in this study was two
classes with 51 students. The results of the study at a significant level of 5% show
that:(1) there are differences in the learning outcomes of the experimental and
control classes with a tcount of 5.451 and a ttable of 1.552. The value of tcount >
ttable, which means H1 is accepted, so it can be concluded that in this study the
Recitation Method (X) has a significant effect on Science Learning Outcomes (Y), (2)
there are differences in students' Science learning outcomes before and after being
given treatment in the experimental class with tcount value 28.281 and ttable 1.612.
The value of tcount > ttable, which means H1 is accepted, so it can be concluded that
in this study the Recitation Method (X) has a significant effect on Science Learning
Outcomes (Y), (3) there are differences in students' science learning outcomes after
being given treatment in the experimental and control classes with a tcount of 6.577
and a ttable of 1.677. The value of tcount > ttable, which means H1 is accepted, so it
can be concluded that in this study the Recitation Method (X) has a significant effect
on Science Learning Outcomes (Y).
Keywords: SMP Negeri 23 Kendari, Recitation Method, Learning Outcomes.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata Kunci : SMP Negeri 23 Kendari, Metode Resitasi, Hasil Belajar.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : SMP Negeri 23 Kendari, Metode Resitasi, Hasil Belajar.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan IPA
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 18 Sep 2024 00:14
Last Modified: 18 Sep 2024 00:14
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3054

Actions (login required)

View Item View Item