INTEGRASI NILAI-NILAI KEISLAMAN DALAM PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA UNTUK MELATIH KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

SULMINA 18010110006, S (2023) INTEGRASI NILAI-NILAI KEISLAMAN DALAM PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA UNTUK MELATIH KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1.COVER.pdf

Download (347kB)
[img] Text
2.BAB 1.pdf

Download (106kB)
[img] Text
3.BAB II.pdf

Download (167kB)
[img] Text
4.BAB III.pdf

Download (222kB)
[img] Text
5.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until 28 November 2023.

Download (400kB)
[img] Text
6.BAB V.pdf

Download (33kB)
[img] Text
7.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB)
[img] Text
8.LAMPIRAN.pdf

Download (982kB)

Abstract

Sulmina. NIM. 18010110006. “Integrasi Nilai-Nilai Keislaman dalam
Pengembangan Soal Matematika untuk Melatih Kemampuan pemahaman
Konsep Matematis Siswa”. Dibimbing oleh: Dedyerianto, S.Si, M.Si dan
Halistin, M.si.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk
merancang dan mengembangkan soal matematika terintegrasi nilai-nilai
keislaman yang memiliki kualitas (validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan
daya beda) yang layak sehingga dapat melatih kemampuan pemahaman konsep
matematis siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Nurul
Ilmi Pondambea Barata sebanyak 24. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian pengembangan (Development Research) merupakan metode yang
digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dalam penelitian ini yaitu soal
matematika terintegrasi nilai-nilai keislaman. Model pengembangan soal ini
adalah model pengembangan ADDIE (Analysis Design Development
Implementation and Evaluation) namun dalam penelitian ini dibatasi sampai pada
tahap Implementation Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes
pemahaman konsep dan angket validasi soal matematika. Analisis soal
menggunakan uji validitas, reliabilitas, analisis tingkat kesukaran dan daya beda
untuk mengetahui kualitas soal yang dikembangkan dan angket kelayakan
menggunakan ratting scale untuk menganalisis soal yang dikembangkan. Adapun
hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas 7 butir soal yang dikembangkan
dari hasil uji validitas seluruh soal memenuhi kriteria valid, hasil uji reliabilitas
soal 0,89 (reliabilitas sangat tinggi), hasil analisis tingkat kesukaran butir soal 1
dan 3 soal mudah dengan kisaran 0,72-0,73, butir soal 2, 4, 5, dan 6 soal sedang
dengan kisaran 0,48-0,65, serta butir soal 7 soal sukar dengan kisaran 0,27, dan
hasil anaisis daya beda butir soal 1 dan 3 memiliki kisaran 0,26-0,28 (kurang
baik), butir soal 2, 5, dan 6 memiliki kisaran 0,44-0,50 (sangat baik), butir soal 4
memiliki kisaran 0,38 (cukup baik) dan butir soal 7 memiliki kisaran 0,18 (tidak
baik). Soal yang dikembangkan sangat layak berdasarkan pengukuran ratting
scale oleh ahli materi sebesar 98% (sangat layak) dan validitas ahli agama sebesar
95% (sangat layak).

Kata Kunci: Integrasi Nilai-Nilai Keislaman; Soal; Pemahaman Konsep

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Integrasi Nilai-Nilai Keislaman; Soal; Pemahaman Konsep
Uncontrolled Keywords: Integrasi Nilai-Nilai Keislaman; Soal; Pemahaman Konsep
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Matematika
Depositing User: iainkdi PERPUSTAKAAN IAIN KENDARI
Date Deposited: 28 Nov 2023 06:29
Last Modified: 28 Nov 2023 06:29
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/678

Actions (login required)

View Item View Item