ةيلاعلا ةسردلدبا رشع يدالحا فصلا في ةيبرعلا ةغللا ميلعت في ةدحولا ةيرظن قيبطت ناوروك ةحئاج في ةيبرغلا نىوبم يسنئاكوبلا ٕٕٓٔ

Nuurul Qayyumi Iyoman, 17010102017. “, N (2023) ةيلاعلا ةسردلدبا رشع يدالحا فصلا في ةيبرعلا ةغللا ميلعت في ةدحولا ةيرظن قيبطت ناوروك ةحئاج في ةيبرغلا نىوبم يسنئاكوبلا ٕٕٓٔ. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (748kB)
[img] Text
3. BAB II LANDASAN TEORI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (654kB)
[img] Text
5. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only until 27 November 2023.

Download (975kB)
[img] Text
6. BAB V PENUTUP.pdf

Download (483kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (577kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Nuurul Qayyumi Iyoman, 17010102017. “Penerapan Nadzariyatul Wihdah
Dalam Pembelajaran Bahasa Arab pada Kelas XI di MA Lapokainse, Kab. Muna
Barat Pada Masa Covid-19, 2021”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab,
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Pembimbing: Dr. Zulaeha, S.Ag., M.Ag.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Nadzariyatul
Wihdah, untuk mengetahui kesulitan yang dialami guru dan siswaو dan upaya
uru untuk mengatasi kesulitan siswa dalam pembelajaran bahasa Arab di MA
Lapokainse. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi kualitatif melalui studi
lapangan dengan mengumpulkan data yang dilakukan dengan teknik observasi,
wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1)
Penerapan Nadzariyatul wihdah dalam pembelajaran bahasa Arab di MA
Lapokainse adalah Penerapan nadzariyatul wihdah dalam pembelajaran bahasa
Arab pada kelas XI di MA Lapokainse pada masa Covid-19 yakni pembelajaran
tetap dilakukan secara tatap muka akan tetapi waktu pembelajarannya dibatasi
menjadi 45 menit dan pada kegiatan pembelajarannya, guru hanya focus pada satu
keterampilan saja, sehingga tujuan dari penerapan nadzayatul wihdah yaitu
terlaksananya 4 keterampilan dalam satu kali pembelajaran menjadi tidak tercapai.
Adapun dalam proses pembelajaran bahasa Arab pada kelas XI di MA
Lapokainse, ada beberapa tahap pembelajaran yakni Pendahuluan, Kegiatan Inti
dan Penutup. 2)Kesulitan yang dialami oleh guru dan siswa dalam pembelajaran
bahasa Arab di MA Lapokainse pada masa Covid-19 adalah Pertama, kesulitan
ang dialami oleh guru bahasa Arab ada 2 yaitu menyesuaikan materi
pembelajaran dengan alokasi waktu dan dalam menerapkan metode pembelajaran
ang sebelumnya telah direncanakan. Kedua, kesulitan yang dialami oleh siswa
dalam pembelajaran bahasa Arab adalah kurangnya kosakata yang dikuasai siswa
dan kurangnya waktu pembelajaran bahasa Arab membuat siswa kurang
memahami materi serta membuat latihan keterampilan menjadi terbatas. 3) Upaya
ang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan siswa dalam pembelajaran bahasa
Arab pada masa Covid-19 adalah: a) Memberikan motivasi kepada siswa untuk
belajar bahasa Arab, b) Memberikan arahan kepada peserta didik untuk
memfotocopy buku ajar bahasa Arab, sehingga siswa dapat mempelajarinya di
rumah masing-masing. c) Guru menjelaskan kembali materi yang kurang
dipahami siswa, d) Guru membuka diri dengan siswa dan selalu mempersilahkan
kepada siswa untuk mengeluarkan pendapatnya. Dan e) memberikan tugas rumah
pada akhir kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Nadzariyatul Wihdah, Pembelajaran Bahasa Arab, Covid-19
Uncontrolled Keywords: Nadzariyatul Wihdah, Pembelajaran Bahasa Arab, Covid-19
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: iainkdi PERPUSTAKAAN IAIN KENDARI
Date Deposited: 27 Nov 2023 02:55
Last Modified: 27 Nov 2023 02:55
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/647

Actions (login required)

View Item View Item